Bebas Diceritakan Ulang, 5 Cerita Ini Ternyata Sudah Jadi Public Domain

2023-03-30 15:50:52

32VIEWS
1SHARES

Bebas Diceritakan Ulang, 5 Cerita Ini Ternyata Sudah Jadi Public Domain

hypo.id – Beberapa cerita sukses berubah menjadi budaya populer yang diceritakan terus menerus dari waktu ke waktu. 

 

Cerita-cerita ini juga didaur ulang dan diproduksi oleh banyak perusahaan hiburan besar seperti Disney, Warner Bros, dan lain-lain dalam berbagai medium mulai dari film, novel, komik, sampai pertunjukan teater. 

 

Namun, pasti kamu gak menyangka kalo beberapa cerita ini ternyata sudah menjadi sebuah public domain atau artinya, cerita-cerita ini telah menjadi milik masyarakat. Sehingga kamu tidak harus membayar royalti jika menceritakannya lagi dengan versimu, pun jika diterbitkan secara komersil, karena karya-karya ini tidak lagi dipegang hak ciptanya oleh sebuah pihak atau institusi. Kisah-kisah ini telah menjadi milik masyarakat karena sang penulis atau pengarang telah wafat lebih dari 100 tahun yang lalu, sehingga karyanya saat ini sudah tidak ‘bertuan’.

 

Cerita apa saja yang kini telah menjadi milik masyarakat tersebut?

 

  1. Sherlock Holmes

Siapa yang tidak kenal dengan kisah menarik dari sang detektif klasik ini? Karya Sir Arthur Conan Doyle ini sudah dikenal luas sebagai sebuah cerita detektif yang tak lekang oleh waktu. Sherlock Holmes juga sudah sering difilmkan dan diperankan oleh aktor-aktor besar seperti Robert Downey Jr dalam film ‘Sherlock Holmes’ dan ‘Sherlock Holmes: A Game Of Shadows’, juga oleh aktor pemeran Dr Strange, Benedict Cumberbatch pada serial berjudul ‘Sherlock’ yang mengudara dari tahun 2010-2017. Pada tanggal 1 Januari lalu, seluruh cerita Sherlock Holmes yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle sudah dinyatakan menjadi public domain sepenuhnya. Jadi sekarang kamu bisa menulis Sherlock Holmes versimu sendiri tanpa harus terkena royalti.

 

  1. Alice In Wonderland

Kisah tentang Alice di dunia penuh keindahan sudah sangat terkenal sejak jaman dulu. Kamu juga pasti sudah menonton berbagai versi dari kisah ini, mulai dari garapan Disney kuno atau versi yang dibintangi oleh Johnny Depp beberapa tahun lalu, sampai versi Jepang garapan Netflix yaitu ‘Alice in Borderland’. Kamu pasti bertanya-tanya, kenapa cerita ini kok kaya bebas dibuat begitu aja, tanpa ada pihak yang menuntut satu sama lain? Ternyata, Alice In Wonderland sudah menjadi public domain sejak tahun 1907 sebab pengarang aslinyai, Lewis Carroll, sudah berpulang pada tahun 1898. Makanya, saat ini kisah ini dapat diadaptasi oleh siapapun ke dalam bentuk karya apapun.

 

  1. Peter Pan

Kisah tentang Peter Pan dan petualangannya memang sudah menjadi sebuah cerita yang diketahui hampir semua orang. Disney sudah menggarap kisah ini berkali-kali, mulai dari kisah animasi hingga live-actionnya di dekade 2000an lalu. Mengapa cerita Peter Pan begitu sering digarap oleh berbagai pihak? Ya, karena kisahnya sudah masuk public domain. Jangankan Disney, kamu juga bisa membuat kisah bertema Peter Pan dalam versimu sendiri.

 

  1. Beauty and The Beast

Kisah antara si cantik dan si buruk rupa bukanlah sebuah dongeng klasik dari Disney. Kisah romansa ironis ini sebenarnya berasal dari Prancis dan merupakan karya dari Gabrielle-Suzanne Barbot de Villeneuve. Cerita tentang gadis cantik yang mencintai seorang monster yang tinggal di sebuah kastil kuno memang terdengar seperti fantasi kuno nan puitis, maka dari itu banyak pihak yang mengadaptasi kisah ini dengan versinya sendiri, termasuk Disney dalam film animasi dan live-action yang dibintangi oleh Emma Watson pada tahun 2017 lalu. Kisah cinta abadi ini sudah menjadi public domain yang bisa diceritakan ulang dalam berbagai versi dan budaya.


 

  1. The Jungle Book

Seorang anak yang tinggal dan bersahabat dengan beruang madu dan seekor macan kumbang memang terdengar sangat menarik. Saking menariknya, Disney dan Warner Bros sampai mengadaptasi kisah ini ke dalam sebuah film yang langsung laris di pasaran. Mengapa Disney tidak menuntut Warner Bros karena mengadaptasi kisah dan tokoh yang sama? Alasannya karena ‘The Jungle Book’ merupakan sebuah kisah yang sudah masuk ke dalam public domain sejak tahun 1995. Kisah petualangan Mowgli, Baloo, dan Bagheera ini bisa diceritakan ke dalam berbagai versi tanpa harus terkena royalti.

 

Kalau kamu diberi kesempatan untuk menceritakan ulang kisah-kisah yang telah menjadi public domain ini, cerita apa yang akan kamu pilih?