Gak Hanya Di-cover, Lagu-Lagu Indonesia Ini Curi Perhatian Musisi Internasional Sampai Didaur Ulang

2023-02-17 10:08:15

10VIEWS
1SHARES

Gak Hanya Di-cover, Lagu-Lagu Indonesia Ini Curi Perhatian Musisi Internasional Sampai Didaur Ulang

hypo.id – Sebagian orang mungkin lebih mengenal banyak lagu asal luar negeri yang dinyanyikan ulang dalam bahasa Indonesia. Tetapi nyatanya, ada juga lagu-lagu karya musisi lokal yang dinyanyikan ulang oleh musisi internasional. 

 

Lagu yang semula berbahasa Indonesia ini, kemudian dinyanyikan ulang memakai bahasa ibu mereka dan ada pula yang hanya mengambil musiknya saja.

 

Berikut lagu-lagu karya musisi Indonesia yang berhasil menarik perhatian musisi mancanegara,

 

  1. Wali - Cari Jodoh

Ketika dirilis pada tahun 2009, Wali berhasil mencuri perhatian penikmat musik Indonesia lewat lagunya yang sangat catchy berjudul ‘Cari Jodoh’. Nada lagunya yang easy listening membuat banyak masyarakat kala itu menyenandungkan lagu ini tanpa mereka sadari. 

Hal itu juga yang membuat penyanyi asal Malta yang pernah tampil di Eurovision Song Contest pada tahun 2001 dan 2003, Fabrizio Faniello, membawakan ulang lagu ini dalam Bahasa Inggris berjudul ‘I No Can Do’ (2011).
 

  1. Peterpan - Tak Bisakah

Lagu Peterpan yang berjudul ‘Tak Bisakah’ dibawakan ulang oleh penyanyi asal India pada tahun 2006. Berbeda dengan Wali yang lagunya dibeli secara resmi, nasib Peterpan sedikit berbeda karena lagu ini dibajak secara diam-diam. 

Peterpan pun telah melayangkan tuntutan kepada musisi bernama Kay Kay yang menyanyikan lagu tersebut dalam Bahasa India berjudul ‘Kya Mujhe Pyaar Hain’.

 

  1. Ratu - Teman Tapi Mesra

Single berjudul ‘Teman Tapi Mesra’ yang dinyanyikan oleh duo Ratu memang sukses besar di tanah air. Lagu karya dari Maia Estianty ini juga pernah dinyanyikan ulang oleh girlband asal Swedia bernama Ladylike. Kesuksesan ini membawa Ladylike mendaur ulang lagu tersebut dalam Bahasa Inggris dengan judul ‘Dreaming of The Time’ yang cukup sukses diputar di berbagai radio Swedia ketika dirilis.

 

  1. Rasela - Doa Untuk Kekasih

Berbeda dengan lagu lainnya dalam daftar ini, karya milik grup band tahun 1970’an Rasela, diambil musiknya untuk jadi sample oleh A$AP ROCKY dalam lagunya yang berjudul ‘Jukebox Joints’. 

Rasela adalah sebuah band yang eksis lebih dari 40 tahun lalu, salah satu personilnya adalah ayahanda dari penyanyi Dikta. Sampai sekarang belum ada yang tahu bagaimana A$AP ROCKY bisa menemukan lagu ini.

 

  1. Chrisye - Anak Sekolah

Pada kunjungannya ke Indonesia di akhir tahun 2022 lalu, grup band asal Amerika Serikat, Weezer melakukan sebuah aksi yang sungguh unik. Sebelum datang kesini, vokalis dari band tersebut, Rivers Cuomo, mendaur ulang lagu dari penyanyi lawas, Chrisye, berjudul ‘Anak Sekolah’.

Berbeda dengan musisi lainnya yang biasanya menyanyikan ulang lagu Indonesia dalam bahasa ibunya, Rivers malah menyanyikan lagu ini tetap dalam Bahasa Indonesia.

 

Ternyata lagu-lagu musisi Indonesia tak hanya digemari oleh pendengar dalam negeri saja. Banyak pendengar dan musisi mancanegara yang juga ikut tertarik dengan karya-karya mereka. Ini waktunya bagi kita untuk terus menghargai karya-karya musisi Indonesia yang luar biasa.