Menyimpan Kisah Mistis hingga Lirik yang Dicap Jelek, 5 Lagu Ini Viral di Indonesia

2023-03-17 17:34:16

58VIEWS
1SHARES

Menyimpan Kisah Mistis hingga Lirik yang Dicap Jelek, 5 Lagu Ini Viral di Indonesia

hypo.id – Lagu bisa jadi medium untuk mengungkapkan perasaan yang sedang kita rasakan, begitu juga bagi para musisi ini. Beberapa lagu ini sempat viral pada masanya, karena liriknya yang dianggap mistis hingga dicap jelek. 

 

  1. Tinggal Kenangan - Gaby

Di tahun 2007 - 2008 publik Indonesia diramaikan oleh lagu Tinggal Kenangan milik Geby yang dianggap memiliki kisah mistis. Banyak teori konspirasi bertebaran yang langsung dipercaya publik Indonesia. Terlebih, lirik lagu tersebut dianggap seperti curahan hati seseorang ketika putus asa setelah ditinggal kekasihnya meninggal dunia. 

Berikut penggalan liriknya:

 

Pernah ada, rasa cinta, 

antara kita kini tinggal kenangan

Jauh kau pergi meninggalkan diriku

Di sini aku merindukan dirimu

 

Wanita yang kabarnya membuat lagu ini disebut-sebut memutuskan bunuh diri setelah lagunya dirilis. 

 

Lagu Tinggal Kenangan ini juga tertuang dalam cerpen blogger Agnes Davonar yang bercerita tentang sepasang kekasih yang memiliki band bersama. Sayangnya, suatu ketika sang pria meninggal dunia dan sang wanita harus melanjutkan lagu tersebut demi mengenang sang kekasih. Faktanya, lagu tersebut dan novel Agnes Davonar tak memiliki kaitannya.  

 

Lagu Tinggal Kenangan sendiri dibawakan pertama kali oleh Abe atau Andi Besse yang merupakan personel dari Caramel Band. Dalam konferensi pers, Abe menjelaskan bahwa lagu tersebut pertama kali ditulis oleh seseorang bernama Pa'i, dan ia telah mendapat izin dari Pa'i untuk membawakan lagunya. 

 

  1. Resah - Payung Teduh

Sekilas, tak ada yang aneh saat mendengar lagu Resah milik Payung Teduh. Namun, penggalan lirik menuju akhir lagu mulai terkesan mistis. 

 

Aku menunggu dengan sabar
Di atas sini, melayang-layang
Tergoyang angin menantikan tubuh itu

 

Dikutip dari berbagai sumber, Aziz Kariko alias Comi mantan personel Payung Teduh, sempat bercerita pada mahasiswanya bahwa lagu Resah memiliki pesan kematian. 

 

Dari ceritanya yang sempat viral, Comi sempat melakukan hiking bersama teman-temannya. Dalam suatu perjalan, seorang temannya mengaku tengah mengalami masalah cinta. Lalu di tengah perjalanan, teman Comi menghilang sebelum kemudian ditemukan gantung diri dan menyisakan catatan puisi yang menjadi cikal bakal lirik lagu Resah. Sayangnya, belum ada penjelasan lebih jauh dari Payung Teduh soal kebenaran kabar tersebut.

 

  1. Begitu Sulit Lupakan Rehan - Intan

Pada pertengahan 2022, TikTok diramaikan dengan lagu Begitu Sulit Lupakan Rehan yang dinyanyikan TikTokers Intan melalui akun @binirehan. Dalam pengakuannya, Intan mengatakan bahwa sosok Rehan yang dinyanyikan olehnya hanyalah fiksi. Intan bercerita bahwa sosok Rehan yang digambarkan sebagai pria tampan dan macho, sering datang dalam mimpinya hingga membuatnya jatuh cinta.

Mari kita ingat lagi liriknya yang viral:

 

Begitu sulit lupakan Reyhan

Apalagi Reyhan baik

Begitu susah cari gantinya

 

  1. Asmalibrasi - Soegi Bornean

Belakangan ini, publik diramaikan dengan lagu Asmalibrasi yang dianggap easy listening dan bikin hangat hati. Apalagi setelah beredarnya video TikTok sejumlah pria gondrong yang berjoget mengikuti irama lagu milik Soegi Bornean itu. 

 

Laras rasa nihil ragu

Biar, biarlah merayu di ruang biru

Bias kita jadi taksu gairah kalbu mendayu

Sabda diramu

Jadikan hanya aku satu-satunya

Sang garwa pambage, sang pelipur lara

Nyanyikan 'ku kidung setia

 

Namun, di Twitter, lagu tersebut justru dicap jelek karena liriknya dianggap tak masuk akal dan tidak berlogika.

 

Sebenarnya, lagu Asmalibrasi yang diciptakan Soegi Boernan sendiri justru terdengar bak puisi anak SMA yang lagi kasmaran. Demi memberikan penggalan kata puitis, sang penulis lirik mengabarkan arti dan padanan kata. Dalam sebuah konferensi pers, Soegi Boernan mengatakan bahwa dirinya tak mempermasalahkan isu tentang lirik lagunya yang dianggap jelek. 

 

  1. Nuhina Hinu Hina Hinu Hiyyahh - Mawang

Pertengahan 2019, publik pasti tak asing dengan lagu Nuhina Hinu Hina Hinu Hiyyahh yang dinyanyikan pria gondrong bernama Mawang. 

 

Nu anna inu anna inu yoah... 

Annu ana inu anna inu yoah..

 

Walau terkesan aneh dan tak jelas, ternyata Mawang membuat lagu tersebut untuk meluapkan perasaannya pada orang tua. Ia bahkan memberikan judul lagu tersebut Kasih Sayang Kepada Orang Tua. Menurut Mawang, lirik tersebut dituliskan kala Mawang tak bisa mengekspresikan rasa sayangnya lewat kata-kata manis sehingga muncul kata-kata asal tapi mendalam tersebut.

 

Berbagai tanggapan publik yang datang atas lagu-lagu tersebut rupanya tak menghentikan para penyanyinya untuk terus berkarya. Sebab setiap lagu punya makna dan pesan sendiri bagi mereka yang membawakannya.