Mirip Jurassic Park, Ilmuwan Akan Hidupkan Spesies Purba yang Sudah Punah

2023-02-23 10:50:40

104VIEWS
1SHARES

Mirip Jurassic Park, Ilmuwan Akan Hidupkan Spesies Purba yang Sudah Punah

hypo.id – Demi upaya konservasi alam, ilmuwan hendak melakukan hal yang terdengar mustahil namun menurut mereka hal ini bisa dilaksanakan. Dilansir dari Business Insider, perusahaan bernama Colossal Bioscience hendak membangkitkan beberapa jenis hewan purba yang sudah punah bertahun-tahun lalu untuk kembali eksis di dunia modern. Cara ini mirip seperti plot cerita film Jurassic Park kan?

 

Perusahaan tersebut menyatakan saat ini mereka tinggal selangkah lagi untuk membangkitkan Burung Dodo dari kepunahan. Burung yang gak bisa terbang ini udah punah sejak abad ke-17 lalu. Cara mereka melahirkan lagi Burung Dodo ke dunia modern adalah dengan mengambil sample DNA dari hewan yang paling dekat ke burung tersebut secara genetiknya, yaitu burung dara Nicobar.

Ilmuwan kepala project ini, Beth Shapiro menerangkan jika nantinya Burung Dodo akan dilepas lagi ke habitat utama yang mereka tinggali sebelum dipunahkan oleh manusia, yakni di Mauritius.

Selain Burung Dodo, ada beberapa jenis hewan purba lainnya yang ingin mereka bangkitkan, seperti Wooly mammoth dan harimau Tasmania, Thylacine. Projek besar ini menurut Bloomberg telah mendapatkan dana investasi lebih dari 225 juta USD.