Nostalgia Sitkom Indonesia

2023-11-08 17:02:57

22VIEWS
1SHARES

Nostalgia Sitkom Indonesia

hypo.id – Sitcom / Sitkom (Situation Comedy) alias komedi situasi menjadi salah satu acara hiburan yang banyak digemari penonton Indonesia. Biasanya sitkom diadaptasi dari cerita kehidupan sehari-hari yang ringan dengan lawakan khas.

 

Balik ke tahun 2000-an, ada sejumlah sitkom yang menjadi favorit penonton Indonesia. Apa aja tuh?

 

  1. Tetangga Masa Gitu

 

Sitkom “Tetangga Masa Gitu” yang tayang perdana 2014 ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dua pasangan suami istri yang tinggal bertetangga. Pasangan pertama adalah Adi (Dwi Sasono) dan Angel (Sophia Latjuba). Mereka telah menikah selama sepuluh tahun. Sementara pasangan kedua adalah Bastian (Deva Mahenra) dan Bintang (Chelsea Islan) yang baru saja menikah. Keduanya kerap bertingkah lucu hingga menimbulkan gelak tawa para penontonnya. Akhir episode ini ditayangkan pada 29 Januari 2017.

 

  1. Bajaj Bajuri

 

Bajaj Bajuri yang mengisahkan tentang keluarga sederhana campuran Betawi dan Sunda ini perdana tayang pada tahun 2002. Bajuri (Mat Solar) bekerja sebagai tukang bajaj, sementara sang istri, Oneng (Rieke Diah Pitaloka), menjadi ibu rumah tangga yang membuka salon kecil-kecilan di rumah. Memiliki penghasilan sedikit dan hidup pas-pasan, Bajuri dan Oneng harus tinggal bersama Emak (Nani Wijaya), ibunda Oneng.

 

Sitkom ini juga menggambarkan kehidupan sederhana khas masyarakat daerah pinggiran Jakarta. Selain Oneng dan Bajuri, ada pula sejumlah karakter yang dimunculkan, seperti Mpok Minah yang sering minta maaf, Mpok Hindun janda centil, hingga sosok Mpok Leha yang serinng rugi karena warung makannya suka diutangi banyak orang. Sayangnya, kisah keluarga ini harus berakhir pada 11 Mei 2007.

 

  1. OB (Office Boy)

 

Kalau menyebut karakter sekretaris yang centil dan lola, kalian pasti teringat dengan Saschya (Winda Viska) dari sitcom OB (Office Boy). Sitkom tersebut tayang perdana pada April 2006 dan sempat menjadi tontonan menarik yang jarang dilewatkan.

 

OB (Office Boy) sendiri berkisah tentang berbagai kejadian lucu di kantor stasiun televisi OKTV, di mana Sayuti sebagai office boy kerap membuat masalah karena keluguannya. Dalam tayangan tersebut muncul pula berbagai karakter seperti Pak Hendra pegawai pelit, Pak Gusti yang over percaya diri, hingga Ismail si office boy dengan gaya sok keren. Akhir kisah ini berakhir pada 10 Oktober 2008.