Siap Liburan, Ini Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat Biaya!

By ADMIN Dec 27, 2022 10:55:44 AM

28VIEWS
1SHARES

Siap Liburan, Ini Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat Biaya!

hypo.id – Bulan Desember selalu identik dengan liburan. Memikirkan tentang liburan selalu menjadi hal yang menyenangkan karena inilah waktu yang tepat untuk merelaksasikan pikiran dan tubuh setelah melewati rutinitas sehari-hari.

Namun, harapan liburan yang menyenangkan bisa hilang jika kita melupakan satu atau dua hal yang penting. Itulah pentingnya membuat to-do list yang berisi kebutuhan maupun tujuan saat liburan. 

Yuk simak tips liburan hemat dan menyenangkan ala HYPO yang bisa kamu contek! 

 

  1. Tentukan Destinasi Liburan

Destinasi liburan dapat mempengaruhi budget yang dibutuhkan, karena kita bisa mempertimbangkan biaya akomodasi, makan, dan tempat wisata yang akan dikunjungi. Cobalah mencari destinasi liburan yang tidak mainstream, misalnya tempat liburan yang belum populer dan tidak seramai tempat yang sudah terkenal. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan antrian panjang untuk masuk, kesulitan mencari tempat parkir, atau berdesak-desakan dengan pengunjung lain. 

 

  1. Pilih Transportasi

Menentukan transportasi yang akan digunakan menjadi tips dari liburan hemat. Misalnya, menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Menggunakan kendaraan pribadi biasanya memakan biaya lebih untuk bahan bakar, tol, parkir, dan sebagainya. Namun jika berencana menghabiskan libur bersama-sama, ternyata kendaraan pribadi bisa jadi pilihan untuk menghemat budget.

 

  1. Memanfaatkan Diskon atau Promo

Jangan lupa untuk jeli dalam mencari promo atau potongan harga. Pastikan kamu tidak membeli tiket mendekati hari keberangkatan, terlebih jika akan bepergian di hari libur nasional. Biasanya harga tiket akan melonjak tinggi mendekati hari-hari tersebut.

 

  1. List Barang yang Dibutuhkan

Sebelum berangkat, jangan lupa catat dan persiapkan barang-barang yang harus dibawa saat liburan. Buatlah catatan barang yang harus dibawa seperti charger handphone, dokumen penting, obat-obatan, pakaian cadangan dan lain sebagainya. Jangan lupa cross check kembali catatanmu sebelum keberangkatan, dan pastikan tidak ada yang terlewat atau tertinggal.

 

  1. Partner Liburan

Biar lebih seru, tidak ada salahnya mengajak teman yang satu frekuensi denganmu. Karena berlibur dengan teman akan sangat menyenangkan dan meringankan beban kita saat berbagi informasi travelling. Mulai dari persiapan sebelum berangkat, saat perjalanan, sampai tempat liburan hingga perjalanan pulang. Kamu juga akan melalui momen-momen indah, lucu, maupun bahagia bersama teman-temanmu.

 

  1. Membawa Bekal untuk Hemat Budget

Salah satu cara untuk menghemat budget liburan adalah membawa bekal. Kamu bisa berupa frozen food atau makanan instan. Tapi ingat ya, packaging-nya juga harus rapi, rapat, dan tentunya tidak berbau untuk menghindari penyitaan saat di bandara. Membawa bekal lebih menghemat biaya liburan, dibandingkan membeli makanan di tempat wisata.

  1. Hindari Berbelanja di Spot Turis

Liburan memang kurang lengkap tanpa oleh-oleh. Biasanya dapat berupa makanan khas, baju, topi, hingga pernak pernik. Namun, sebelum berbelanja, penting untuk menentukan budget untuk oleh-oleh agar tidak berlebihan. Usahakan menghindari berbelanja oleh-oleh di spot turis karena biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

 

Setelah baca tips di atas, kamu udah siap liburan belum akhir tahun ini?

MOST VIEWED NEWS

By ADMIN 26 March 2018

Ritual Khusus Afgan Menjiwai Lagu

By ADMIN 26 March 2018

Resep Awet Muda Armand Maulana

RECOMMENDED QUIZ