Rizky Febian & Mahalini Sebentar Lagi Menikah, Kenali Upacara Mepamit dan Medharma Suaka yang Dijalani Mereka

2024-05-07 18:15:31

17VIEWS
1SHARES

Rizky Febian & Mahalini Sebentar Lagi Menikah, Kenali Upacara Mepamit dan Medharma Suaka yang Dijalani Mereka

hypo.id - Kabar bahagia datang dari pasangan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini, jelang menikah kedua penyanyi tersebut jalani upacara Mepamit di kediaman Mahalini yang berlokasi di Desa Tribubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali, pada Minggu (05/05).

 

Pemilik nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja ini memang diketahui berasal dari Bali. Sebelum akhirnya menikah, ia harus menjalankan upacara adat Bali yang dikenal dengan Mepamit dan Medharma Suaka.

 

Jadi sudah menikah atau belum ya, yuk cari tau tentang upacara yang dilakukan Rizky Febian dan Mahalini..

 

Apa itu upacara Mepamit

 

Acara Mepamit merupakan salah satu rangkaian pernikahan tradisi Hindu di Bali. Dalam bahasa Indonesia, mepamit berarti berpamitan atau pamit.

 

Ayah Rizky Febian, Sule mengungkapkan, Mepamit merupakan tradisi adat Bali yang diadakan sebagai bentuk pamitan dari pengantin wanita kepada para leluhur karena akan menikah dan mengikuti keluarga pengantin pria.

 

Dikutip dari beberapa sumber, tradisi Mepamit juga dilakukan seorang umat Hindu yang akan keluar dari agamanya atau sudah menganut agama baru menjelang pernikahan. Dan diadakan di kediaman pihak pengantin wanita.

 

Gimana Prosesnya

 

Pada prosesi Mepamit, kedua mempelai beserta keluarga maupun kerabat dekat mendatangi keluarga wanita. Mereka membawa sesajen (banten), antara lain ketupat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, dan lain sebagainya, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah.

 

Dharma suaka dalam tradisi Bali

 

Tradisi dharma suaka atau pinangan, dilakukan oleh calon pengantin pria untuk meminta izin meminang calon pengantin wanita. Dalam pernikahan Hindu, khususnya di Bali, warga memiliki tradisi khas dalam meminang calon istri. Itu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman selama pernikahan.

 

Selama proses dharma suaka berlangsung, penyuluh agama Hindu akan menyampaikan pemahaman kepada kedua mempelai agar menciptakan pernikahan yang sukhinah bhawantu.

 

Keluarkan Single Terbaru

 

Selain menjalani prosesi pernikahan, Mahalini dan Rizky Febian juga mengumumkan perilisan single "Bermuara" di akun media sosial mereka masing-masing jelang pelaksanaan hari pernikahannya. Single tersebut dibuat untuk menandakan hari bahagia mereka.

 

Kapan dan Dimana Rizky Febian & Mahalini Menikah

 

Diketahui dari YouTube channel ayah Rizky Febian, komedian Sule, yang mengatakan bahwa pernikahan putranya, Rizky Febian dengan Mahalini akan berjalan secara agama islam. Mahalini sudah diizinkan untuk menjadi mualaf pada saat prosesi adat Mepamit yang sudah dijalankan.

 

Diketahui juga Rizky Febian dan Mahalini akan menjalani akad nikah di Jakarta pada tanggal 8 Mei 2024.