Berbagai Bentuk Dukungan Indonesia untuk Palestina

2023-11-02 16:28:46

12VIEWS
1SHARES

Berbagai Bentuk Dukungan Indonesia untuk Palestina

hypo.id – Kabar-kabar memilukan terus bermunculan dari tragedi yang terjadi di Palestina. Peristiwa yang berlangsung selama bertahun-tahun ini pun bukan lagi sekadar konflik, melainkan telah menjadi kejahatan genosida atau pembunuhan secara besar-besaran. 

Indonesia yang terus mengikuti perkembangan dari peristiwa ini pun nggak tinggal diam. Berbagai bentuk dukungan untuk kemerdekaan Palestina, mulai dari kecaman secara terang-terangan hingga bantuan alat medis pun dikerahkan untuk para korban.

 

Berikut beberapa bentuk dukungan dari Indonesia untuk Palestina yang udah HYPO rangkumin buat kamu! 

 

  1. Pidato Menteri Luar Negeri Indonesia di Sidang Majelis Umum PBB 

Di Sidang Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang membahas agresi Israel terhadap Palestina, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menyuarakan dengan tegas kecaman Indonesia terhadap kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Beliau juga mendesak aksi nyata PBB untuk menghentikan serangan yang telah memakan nyawa ribuan masyarakat sipil Palestina. 

 

“Jika Anda peduli terhadap kemanusiaan, gunakan hati Anda untuk memberikan suara setuju terhadap resolusi ini.”
 

  1. Presiden Ikut Menyuarakan Kecaman Indonesia atas Serangan Israel

Senin (30/10) Presiden Indonesia, Joko Widodo, melakukan rapat terbatas bersama beberapa menteri khusus untuk membahas kondisi terkini yang terjadi di Palestina. Setelah rapat selesai, keterangan pers pun digelar secara online dan disiarkan langsung melalui Channel YouTube Sekretariat Presiden. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyatakan dengan tegas kecaman atas serangan yang dilakukan oleh Israel dan mendesak supaya bantuan bagi para korban segera disalurkan. Presiden Jokowi pun berkata kalau bantuan kemanusiaan dari Indonesia sudah dijadwalkan untuk dikirim.

 

  1. Bantuan Peralatan Medis dari Palang Merah Indonesia