5 Racikan Kopi Aneh yang Pernah Ada, Berani Coba?

2024-07-18 13:51:17

23VIEWS
2SHARES

5 Racikan Kopi Aneh yang Pernah Ada, Berani Coba?

hypo.id – Kebiasaan minum kopi atau ngopi di kedai kini ramai menjamur di kalangan masyarakat. Banyak generasi milenial pun menjadikan minum kopi sebagai gaya hidup.

 

Saking ramainya kedai kopi, berbagai racikan kopi pun semakin banyak. Sampai-sampai, bahan yang tak lazim digunakan sebagai bahan dasar minuman disulap menjadi topping atau tambahan perasa untuk kopi.

 

Seperti racikan kopi berikut, yang makin nyeleneh tapi viral di media sosial:

 

  1. Kopi Pare

 

Tren campuran kopi susu dengan bahan aneh memang sedang viral di media sosial, seperti barista asal China yang videonya diposting akun Instagram @rabbit05030104. Barista tersebut menggunakan pare sebagai campuran kopinya. 

 

 

Awalnya, irisan pare yang sudah disiapkan lebih dulu diletakkan di atas kopi bubuk yang telah dimasukkan ke dalam portafilter. Seperti proses penyeduhan kopi lainnya, portafilter kemudian dimasukkan ke dalam mesin espresso. Ketika disajikan kopi ini juga dilengkapi dengan irisan pare sebagai penghiasnya.

 

Di postingan yang lain, ia membuat kopi seperti biasa lengkap dengan campuran susu, namun bukan gelas yang digunakan sebagai wadahnya melainkan sepotong pare yang sudah dibersihkan dalamnya.

 

  1. Kopi Daun Bawang

 

Racikan latte biasanya memiliki rasa yang creamy. Namun, ada racikan latte unik yang belakangan menghebohkan di China. Kopi susu dicampur irisan daun bawang. Bahkan tidak sedikit daun bawang yang digunakan, hampir separuh gelas terisi dengan irisan daun bawang segar. 

 

 

Bagi yang tak suka dengan daun bawang maka akan aneh mendengar racikan kopi tersebut. Karena sedikit saja daun bawang sudah memberikan aroma dan rasa yang tajam. Mungkin pada beberapa makanan bisa pas, tapi pada minuman akan memiliki sensasi yang lain.

 

  1. Kopi Daun Ketumbar

 

Selain daun bawang, ternyata ada pula yang mencampurkan daun ketumbar dalam minuman kopi susu. Dan, racikan tersebut justru laku keras di China. Namun, mirip seperti kopi daun bawang, campuran daun ketumbar dan kopi susu tidak menghasilkan rasa yang menyatu.

 

 

Sampai kreator konten yang terkenal di Instagram maupun TikTok dengan nama akun @sibungbung mencoba menu kopi susu tersebut dan mengatakan bahwa perpaduan ini sangat unik walaupun ia tak mengerti mengapa bisa viral.

 

  1. Kopi Kecap

 

Untuk racikan kopi ini datang dari Tanah Air, entah karena branding dengan salah satu merk kecap atau terbukti mampu menghasilkan rasa baru dari minuman kopi. Racikan kopi itu pertama kali muncul melalui kafe Ali Kopi Roastery di kawasan Kalideres, Jakarta, yang meluncurkan menu kopi kecap.

 

 

Diklaim memiliki rasa manis dan gurih layaknya gula aren, kecap dinilai mampu mampu disejajarkan dengan menu lain di kedai ini. Dan, ternyata mendapat apresiasi yang baik dari para pengunjung.

 

  1. Kopi Batubara

 

Kopi Batubara merupakan kopi yang diberikan serbuk charcoal. Karena manfaat charcoal atau arang bagi tubuh, maka dalam menu ini arang bukan hanya dijadikan ‘media’ seperti versi "Kopi Joss di Jogja". Namun sang barista menyajikan dalam bentuk yang sedikit berbeda, yaitu sengaja ditambahkan ke dalam bahan dasarnya. 

 

 

Tak hanya itu, untuk sensasi ‘batu bara’ diambil dari bongkahan gula karamel yang dibuat menjadi topping. Sehingga perpaduan antara kopi, serbuk charcoal, susu, coco foam dan topping gula karamel disajikan dalam menu yang disebut kopi batubara.

Trending This Month