Diwarnai Dua Kartu Merah, Timnas Indonesia Masuk Semifinal Piala Asia U-23. Cetak Sejarah Baru!

2024-04-26 16:10:25

12VIEWS
1SHARES

Diwarnai Dua Kartu Merah,  Timnas Indonesia Masuk Semifinal Piala Asia U-23. Cetak Sejarah Baru!

hypo.id – Mimpi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 untuk bermain di Olimpiade 2024 sedikit lagi menjadi kenyataan. Timnas Indonesia U-23 maju ke babak semifinal, setelah menundukkan Korea Selatan dengan memenangkan adu penalti 11-10 dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/04) dini hari WIB.

 

Kedua tim memperagakan permainan tempo tinggi sejak wasit Shaun Evans dari Australia membuka pertandingan. Namun Indonesia sukses mencuri keunggulan lebih dahulu lewat tendangan berkelas dari Rafael Struick di menit ke-14. Tandukan Eom Ji-sung (Korea Selatan) yang membentur badan dari Komang Teguh hingga memasuki gawang Indonesia di menit ke-45 sempat menyamakan kedudukan jadi 1-1.

 

Beruntung sontekan Rafael Struick sukses membawa Garuda Muda kembali unggul usai memanfaatkan umpan dari Ivar Jenner. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

 

Pada menit ke-68, Lee Young-jun (Korsel) melakukan pelanggaran keras terhadap Hubner (Indonesia). Wasit kemudian melakukan tinjauan VAR yang berakhir menjadi kartu merah untuk Young-jun. Korsel pun terpaksa meneruskan permainan dengan sepuluh pemain.

 

Bermain dengan sepuluh pemain,  Korsel justru menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Menjelang waktu normal usai, Korea Selatan kehilangan pelatih Hwang Sun-hong yang diusir dari area teknis (mendapat kartu merah) oleh wasit karena protes kerasnya.

 

Dua kali pertandingan (waktu normal) dan dua kali 15 menit (babak tambahan) tidak merubah keadaan, masih dengan skor imbang 2-2. Pemenang pertandingan harus ditentukan dengan adu penalti. Berkat penampilan gemilangnya, Timnas Indonesia berhasil memenangkan babak penalti dengan skor 11-10.

 

Dengan hasil tersebut, Indonesia mengamankan tempatnya untuk melaju ke semifinal yang akan digelar hari Senin (29/04) di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha. Siapa yang menjadi lawannya nanti masih menunggu hasil pertandingan antara Uzbekistan U-23 vs Arab Saudi U-23 (26/04).