Iklan-Iklan Penanda Ramadan Sudah Dekat, Siap-Siap Puasa Nih

2024-03-07 16:02:49

12VIEWS
1SHARES

Iklan-Iklan Penanda Ramadan Sudah Dekat, Siap-Siap Puasa Nih

hypo.id – Ramadan menjadi bulan suci yang ditunggu semua umat muslim di dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia, selain sidang isbat, ternyata iklan-iklan yang muncul di TV juga bisa jadi penanda bahwa Ramadan sudah dekat.

 

Nah penasaran kan iklan-iklan ikonik apa aja yang mulai ramai lewat di TV saat Ramadan tiba? Berikut deretannya..

 

  1. Iklan Sirup

 

Iklan sirup Marjan menjadi iklan yang paling ikonik bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, iklan ini hanya akan muncul di TV saat bulan Ramadan hingga Lebaran saja.

 

Sirup Marjan selalu berhasil dalam menarik rasa penasaran konsumen dari bentuk cerita iklannya yang bersambung dan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian berbuka puasa dan Lebaran. Bahkan Marjan dari masa ke masa selalu membuat tayangan iklan yang berbeda-beda.

 

Seperti iklan sirup Marjan tahun 2010 yang bertemakan kehangatan para perantau yang tidak bisa pulang mudik. Lalu tahun 2011 yang menampilkan adegan anak-anak sedang berlatih silat, sementara tahun 2012, iklan menayangkan perlombaan perahu dayung.

 

Tahun 2019 hingga 2022, iklan sirup Marjan membuat iklan yang terinspirasi dari kisah tradisional Indonesia mulai dari Timun Mas hingga Dewi Sri. Di tahun 2023, iklan sirup Marjan menampilkan efek canggihnya CGI dengan munculnya kisah Baruna sang penjaga samudra.

 

Untuk menyambut Ramadan 2024, sirup Marjan telah mengeluarkan bagian pertama yang bertajuk Putri Hijau dan Desa Kehidupan.

 

  1. Iklan Pasta Gigi (Odol)

 

Iklan odol atau pasta gigi menjadi iklan ikonik kedua yang menjadi penanda datangnya bulan Ramadan. Biasanya, varian pasta gigi yang sering muncul di iklan bulan Ramadan adalah varian herbal yang menyegarkan mulut di kala berpuasa. Dan, iklannya pun cenderung sering muncul ketika malam sahur tiba.

 

Biasanya kita sering melihat iklan Pepsodent Herbal muncul di TV dengan mengingatkan pentingnya menyikat gigi di saat sahur, dengan tagline “Nafas Segar 18 Jam”.

 

  1. Iklan Obat Maag

 

Bagi penderita maag, jam makan yang berubah bisa menyebabkan asam lambung naik sampai maag terasa sakit dan bisa menjadi gangguan saat berpuasa. Iklan Promag salah satu yang paling ditunggu penonton, karena kehadirannya menarik konsumen dengan mengingatkan pentingnya minum Promag sebelum berpuasa.

Iklan yang pernah dibintangi oleh Dude Harlino dan Deddy Mizwar ini juga ikut meramaikan dunia periklanan selama Ramadan. Seperti tagline pada iklan tersebut, "Minum Promag saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur. Insya Allah ibadah lancar".

 

Iklan obat ini dipercaya membantu para penderita maag agar tetap bisa menjalani bulan puasa dengan nyaman.

 

  1. Iklan Mie Instan

 

Iklan Indomie termasuk iklan yang menjadi penanda bahwa puasa segera tiba. Karena Indomie selalu menampilkan iklan edisi puasa yang berbeda tiap tahun ke tahunnya. Contohnya saja, Indomie pernah membuat Iklan bertema puasa dengan menghilangkan mi pada kemasan Indomie.

 

Selain memiliki iklan yang berbeda-beda, Indomie biasanya akan menggantikan tampilan mi yang menggiurkan selama bulan Ramadan.

 

 

Jadi kalian ngeliatin iklan yang mana nih saat nunggu waktu berbuka puasa? Semoga tahun ini kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar ya, guys.