Ikut Bantu Pulihkan Mental Korban Bully, Berikut Sisi Filantropis Afgan

2024-05-24 18:12:25

15VIEWS
1SHARES

Ikut Bantu Pulihkan Mental Korban Bully, Berikut Sisi Filantropis Afgan

hypo.id - Penyanyi tampan Afgansyah Reza, atau yang lebih dikenal Afgan, memang kerap jauh dari rumor miring. Bahkan kehidupan pribadi pelantun lagu “Jodoh Pasti Bertemu” ini juga jarang terekspos oleh publik. Namun, ada satu hal yang dirinya suka bagikan, yakni sisi filantropis-nya.

 

Seperti beberapa waktu yang lalu, Afgan menggelar program bertajuk "Mindkind: Bersama Lawan Bullying", bersama KitaBisa dan JiwaTumbuh. Program ini juga bagian dari AfganFund di KitaBisa, dimana Afgan berkomitmen untuk mewadahi para pelajar atau mahasiswa yang rentan menjadi korban bullying..

 

Lewat program tersebut pun Afgan ingin membantu dan memotivasi para pelajar korban bullying untuk terus berjuang menegakkan keadilan, lebih aware pada lingkungan sekitar dan sadar akan self-worth mereka, tidak takut untuk meminta bantuan atau berkata jujur, serta berani berdiri dan lantang berbicara untuk dirinya sendiri.

 

Bentuk kepedulian Afgan atas hal tersebut ternyata lahir dari kisah trauma masa lalu yang pahit. Segala macam bentuk bully pernah Afgan terima semasa SMP dulu. Dari tindak kekerasan, ejekan verbal, mental, sampai fisik. Trauma akibat bully yang dia terima membuat Afgan jadi sosok remaja yang memilih menutup diri.

 

Namun, sejak ia terjun ke dunia musik pada 2008, semua trauma yang membuatnya "terkekang" perlahan-lahan terkikis. Afgan berusaha melupakan semua pengalaman pahit pernah dia terima dan memaafkan orang-orang yang pernah mengusik. Ini menjadikannya sosok yang lebih memperhatikan keadaan sesama.

 

AfganFund sendiri dibentuk sejak lama sebagai gerakan dan celengan Beasiswa Afgan yang bertujuan untuk membantu memberikan biaya dan penunjang pendidikan bagi anak-anak yang mengalami putus sekolah, kurang mampu, dan terdampak pandemi Covid-19.

 

Oleh karena itu, guna menunjang rasa kepeduliannya terhadap sesama, Afgan bekerjasama dengan KitaBisa untuk mewujudkan semua niat baiknya. Seperti pada 2018, di hari kelahirannya yang ke-29, Afgan memilih merayakannya dengan pasien kanker anak-anak di RSCM, Jakarta.

 

Afgan meminta kado dari para penggemarnya berupa sebuah donasi. Ia mengajak orang-orang untuk melakukan hal baik dengan menyumbangkan sedikit rezekinya melalui penggalangan dana yang akan digunakan untuk pengobatan para pasien anak-anak yang mengidap kanker di RSCM.

 

Pada tahun 2020, Afgan kembali berkolaborasi dengan KitaBisa untuk menggelar sebuah konser amal. Semua hasil penjualan tiket Konser Amal Afgan, didonasikan untuk membantu korban banjir di Jakarta dan beasiswa Pendidikan para pelajar yang putus sekolah karena biaya.

Trending This Month