Mengenang Lee Sun-kyun, Aktor Bertalenta yang Perankan Berbagai Film & Drama

2023-12-29 16:22:50

19VIEWS
0SHARES

Mengenang Lee Sun-kyun, Aktor Bertalenta yang Perankan Berbagai Film & Drama

hypo.id – Dunia entertainment Korea Selatan sedang diselimuti kabut duka pasca meninggalnya salah satu aktor berbakatnya, Lee Sun-kyun. Aktor berusia 48 tahun itu ditemukan di dalam mobilnya yang terparkir di Taman Waryong, Seoul. Lee Sun-kyun baru-baru ini memang sedang menjalani proses penyelidikan atas tuduhan penggunaan narkoba. Namun, sepanjang penyelidikan, hasil tes narkoba yang dilakukan Lee Sun-kyun semuanya menunjukkan hasil negatif.

 

Kepergian Lee Sun-kyun tak hanya meninggalkan duka bagi keluarga dan kerabat-kerabatnya. Rekan-rekan sesama aktor, hingga para penggemarnya pun merasakan duka yang sangat mendalam atas kepergian sang aktor. Lee Sun-kyun sendiri memang dikenal dengan bakatnya dalam berakting dan memerankan berbagai karakter dalam film maupun drama. Yuk, kita throwback sedikit perjalanan karir dari mendiang Lee Sun-kyun. 

 

  1. Debut Sebagai Aktor Teater Musikal

Hampir dua dekade menekuni dunia akting, Lee Sun-kyun mengawali karirnya sebagai seorang aktor teater musikal. Ia membuat debut akting yang mengesankan waktu meranin karakter Brad Majors di panggung musikal “The Rocky Horror Show” tahun 2001. Di tahun yang sama ia juga debut di layar kaca melalui sitkom (situasi komedi) ‘Lovers’.

 

 

Berangkat dari pengalaman tersebut, Lee Sun-kyun pun mulai merintis karirnya di dunia akting sebagai aktor pendukung. Hingga di tahun 2007, ia akhirnya mendapatkan peran utama dalam drama medis, Behind the White Tower. 

 

  1. Bintangi Berbagai Judul Film & Drama

Kerja keras dan talentanya membawa karir Lee Sun-kyun terus meningkat secara perlahan. Ia pun mulai menjadi pemeran utama dalam berbagai judul drama maupun film dan memerankan macam-macam karakter.

 

 

Beberapa drama yang pernah ia bintangi di antaranya; Coffee Prince (2007), Pasta (2010), My Mister (2018), Dr Brain (2021), dan Payback: Money and Power (2023). Tak hanya itu, Lee Sun-kyun juga membintangi beberapa judul film layar lebar seperti; Paju (2009), A Hard Day (2014), Jo Pil-Ho: The Dawning Rage (2019) dan Parasite (2019). 

 

Di tahun 2023 sendiri, Lee Sun-kyun telah membintangi tiga judul film yaitu, Killing Romance, Project - Silence, dan Sleep. 

 

  1. Go International Melalui Film ‘Parasite’

Di tahun 2020, karir Lee Sun-kyun kembali meroket berkat aktingnya di film garapan sutradara Bong Joon-Ho, Parasite (2019). Dalam film tersebut, Lee Sun Kyun berperan sebagai Park Dong-ik seorang kepala keluarga kaya yang sombong. 

 

 

Film yang sarat akan kritik sosial itu pun menjadi sorotan dunia internasional dan membawa kesuksesan besar bagi para pemainnya, termasuk Lee Sun-kyun. Setelah membintangi film Parasite, Lee Sun-kyun mendapat penghargaan Outstanding Performance dari Screen Actors Guild Award (2020), Ensemble Cast dan Ensemble of The Decade dari Gold Derby Film Awards (2020).

 

  1. Berbagai Nominasi dan Penghargaan

Di tahun 2010 Lee Sun-kyun memenangkan Best Actor dari penghargaan Internasional, Las Palmas Film Festival, untuk perannya dalam film Paju (2009). Di film tersebut ia berhasil memerankan karakter yang kompleks dan menunjukkan kemampuannya dalam dunia seni peran.

 

 

Dalam film A Hard Day (2014) Lee Sun-kyun berikan aksi terbaiknya waktu meranin detektif yang mengalami konflik moral dan terjebak dalam jaringan kejahatan dan penipuan. Ia berhasil menempatkan intensitas, ketegangan, dan humor gelap dalam film tersebut dengan apik yang memperkuat reputasinya sebagai aktor. Tak heran jika ia meraih gelar Best Actor di Baeksang Arts Awards (2015) dan jadi aktor Korea pertama yang diundang ke Festival Film Cannes ke-67 di tahun 2014.

 

 

Lee Sun-kyun juga pernah beradu peran dengan aktris sekaligus penyanyi IU dalam drama My Mister (2018). Drama ini sukses diterima dengan baik tidak hanya di negara asalnya, namun juga di luar negeri. My Mister bahkan meraih gelar drama terbaik di Baeksang Arts Awards ke-55 (2019). Dalam wawancara promosi film terbarunya, Sleep (2023), Lee Sun Kyun juga mengaku bahwa My Mister adalah karya favoritnya. 

 

Sementara itu untuk perannya dalam series Dr. Brain (2021), Lee Sun Kyun masuk ke dalam nominasi Best Performance by An Actor dari International Emmy Awards 2022. 

 

Pesona dan karisma alami Lee Sun-kyun membuatnya selalu menarik perhatian penonton. Konsistensi dan ciri khasnya dalam mendalami karakter membuat setiap tokoh yang ia perankan menjadi begitu ‘hidup’. 

 

Meskipun kini Lee Sun-kyun telah pergi meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya, namun namanya akan tetap hidup abadi dalam setiap karya-karyanya. Rest in peace.