NCT WISH, Sub-Unit Baru & Terakhirnya NCT

2024-01-19 17:28:18

20VIEWS
1SHARES

NCT WISH, Sub-Unit Baru & Terakhirnya NCT

hypo.id - NCT (Neo Culture Technology) adalah group K-Pop bentukan SM Entertainment. NCT sendiri telah melahirkan 3 sub-unit tetap: NCT127 (debut di tahun 2016), NCT DREAM (debut di tahun 2016), WayV (debut di tahun 2019), dan NCT DoJaeJung (DJJ) (debut di tahun 2023).

Sebetulnya, sub-unit paling pertama yang dibentuk di bawah nama NCT adalah NCT U. Dalam NCT U, anggota bisa berganti-ganti tergantung konsep dan jenis lagunya, sehingga anggotanya tidak “tetap”. Oleh karena itu, sub-unit tetap pertama adalah NCT 127. Berbasis di Seoul, NCT 127 beranggotakan 9 orang: Taeil, Taeyong, Johnny, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Mark, dan Haechan.

 

Kemudian sub-unit tetap selanjutnya adalah NCT DREAM, yang pada awalnya menerapkan sistem “kelulusan”, dimana anggota yang mencapai usia dewasa akan “lulus” dari NCT DREAM pada waktunya. Namun, sistem ini telah dihapus sehingga NCT DREAM kini merupakan sub-unit tetap dengan 7 anggota: Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

Sub-unit tetap berbasis China pun debut dengan nama WayV. WayV sendiri kini beranggotakan 6 orang: Kun, Winwin, Ten, Hendery, XiaoJun, dan Yangyang.

 

Lalu, sub-unit tetap keempat ada NCT DoJaeJung (DJJ), yakni merupakan singkatan dari nama-nama anggotanya: Doyoung, Jaehyun, dan Jungwoo.

Pada awalnya pun, NCT menganut sistem "limitless", dimana anggota NCT akan bertambah terus seiring berjalannya waktu. Namun pada tahun 2023, SM Entertainment umumkan bahwa penambahan itu akan berakhir dengan 1 sub-unit terakhir.

 

NCT WISH lah sub-unit terakhir yang bersifat tetap itu. Berbasis di Jepang, NCT WISH beranggotakan 6 orang: Sion, Riku, Yushi, Jaehee, Ryo, & Sakuya.