Rapper Macklemore Rilis "Hind's Hall", Beri Dukungan untuk Palestina Sampai Senggol Sana Sini

2024-05-10 17:30:28

22VIEWS
1SHARES

Rapper Macklemore Rilis "Hind's Hall", Beri Dukungan untuk Palestina Sampai Senggol Sana Sini

hypo.id – Rapper asal Amerika Serikat, Macklemore, baru-baru ini merilis sebuah protest track berjudul "Hind's Hall". Video Hind's Hall secara perdana diunggah di akun media sosial pribadi Macklemore pada Selasa (07/05) dan disusul rilis di YouTube pada Rabu (08/05) yang telah ditonton lebih dari 735 ribu kali.

 

Ben Haggerty, atau lebih dikenal dengan Macklemore, adalah rapper yang lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada 18 Juni 1983. Ia berhasil memuncaki Billboard tahun 2013 tanpa dukungan dari label rekaman besar lewat single "Thrift Shop", bareng Ryan Lewis. Single tersebut telah terjual lebih dari 2,2 juta kopi.

 

Lagu Hind's Hall yang dibuat Macklemore menyuarakan dukungan terhadap Palestina dan kecaman untuk Amerika hingga Israel atas serangan di Jalur Gaza. Selain menyuarakan dengan tegas desakan untuk melakukan gencatan senjata dan membebaskan Palestina, lagu tersebut juga sebagai bentuk dukungan kepada para pengunjuk rasa di universitas-universitas Amerika Serikat (AS) yang menentang serangan Israel di Gaza.

 

Dilansir dari The Guardian, judul lagu Hind's Hall terinspirasi dari salah satu ruang aula (Hamilton Hall) di Universitas Columbia, yang diganti namanya oleh para mahasiswa menjadi Hind's Hall. Sebab, para mahasiswa memberikan penghormatan pada "Hind Rajab", seorang anak berusia enam tahun yang tewas di Gaza.

 

Hamilton Hall memiliki sejarah panjang tentang protes mahasiswa terhadap momen-momen penting dalam sejarah (protes ikonik di Universitas Columbia). Hamilton Hall yang jadi pusat aksi mendukung Palestina merupakan kantor dekan dan empat kantor departemen bahasa, yaitu bahasa Jerman, bahasa Slavia, bahasa Klasik, dan bahasa Italia. Disana terdapat Pusat Ras dan Etnis.

 

Dalam video Hind's Hall menampilkan beberapa aksi bela Palestina dari mahasiswa berbagai kampus di Amerika Serikat, foto petinggi dunia seperti Presiden AS, Joe Biden, hingga Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan protes keras Macklemore terhadap polisi Amerika Serikat.

 

Dibalik itu semua, Macklemore juga mengumumkan semua keuntungan dari lagu "Hind's Hall" akan disalurkan ke UNRWA (Badan PBB untuk Pengungsi Palestina).

Trending This Month