Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Indonesia Pertama yang Tembus ke Olimpiade

2024-06-20 16:09:02

21VIEWS
1SHARES

Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Indonesia Pertama yang Tembus ke Olimpiade

hypo.id – Nama Rifda Irfanaluthfi kian dikenal khalayak umum, selaras dengan prestasinya yang kian menjulang. Rifda adalah seorang atlet senam artistik Indonesia yang berhasil melaju ke Olimpiade Paris 2024, sekaligus menjadi yang pertama. Posisinya itu berhasil diamankannya setelah dirinya tampil mengesankan di FIG Antwerp Gymnastics World Championships di Belgia, Oktober 2023.

 

 

Padahal pada momen kejuaraan tersebut, Rifda sempat alami cedera lutut yang ternyata membuatnya harus menjalani operasi. Namun, wanita kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1999, itu tak kenal menyerah dan tetap memberikan yang terbaik. Pada akhirnya, penampilan Rifda mengantarnya ke Olimpiade Paris 2024.

 

 

Dilansir dari CNN Indonesia, Rifda menjadi salah satu dari 15 atlet yang melaju ke Olimpiade Paris 2024 dan Rifda sendiri lolos lewat jalur realokasi tuan rumah. Jalur realokasi tuan rumah ini didapatkan setelah tuan rumah tidak menggunakan kuota. Meski demikian, Rifda membuktikan dirinya layak dan memenuhi syarat lolos dengan masuk posisi 15 besar Kejuaraan Dunia.

 

Rifda akan debut di Olimpiade Paris (Paris 2024 Olympics) pada 28 Juli mendatang dalam kompetisi Senam Artistik Wanita yang bertempatkan di Bercy Arena, Paris.

 

“Ini bukan untuk aku sendiri. Aku ingin memotivasi semuanya, terutama atlet muda, tidak hanya senam artistik saja, tetapi juga cabang olahraga lain yang belum pernah lolos ke Olimpiade. Aku ingin memberitahu mereka kalau aku bisa melakukannya, kamu juga bisa,” jelas Rifda Irfanaluthfi seperti yang dikutip dari website resmi Olympics.

 

Selain tekuni profesinya sebagai atlet, Rifda juga telah berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Negeri Jakarta, pada Maret lalu.