Shin Tae-yong Diberi Golden Visa, Kayak Apa Tuh dan Apa Syaratnya?

2024-07-25 16:22:57

22VIEWS
1SHARES

Shin Tae-yong Diberi Golden Visa, Kayak Apa Tuh dan Apa Syaratnya?

hypo.id - Pemerintah Indonesia baru saja luncurkan layanan visa baru bernama golden visa. Shin Tae-yong, pelatih tim nasional Indonesia, menjadi orang pertama yang menerima golden visa tersebut yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (25/07).

 

 

Melansir dari CNN, golden visa itu sendiri adalah layanan izin bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk tinggal di Indonesia dalam kurung waktu 5 - 10 tahun. Mereka akan diberi kemudahan keluar-masuk Indonesia tanpa harus Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

 

 

Untuk mendapatkan golden visa, WNA wajib berinvestasi di Indonesia atau bisa memberikan manfaat bagi perekonomian di Indonesia.

 

Contohnya saja investor yang datang ke Indonesia untuk mendirikan perusahaan (investor korporasi). Demikian juga dengan investor individu yang tidak mendirikan perusahaan, maka disyaratkan membeli obligasi pemerintah RI, saham perusahaan publik, atau deposito sebesar US$350 ribu (izin tinggal 5 tahun) dan US$700 ribu (izin tinggal 10 tahun).

 

Bagi investor yang akan mendirikan perusahaan, maka wajib berinvestasi senilai US$2,5 juta untuk izin tinggal 5 tahun dan US$5 juta untuk izin tinggal 10 tahun di Indonesia.

Trending This Month