Sukses Tekuni Profesi, Deretan Idol K-Pop Ini Dirikan Agensi Sendiri!

2024-01-08 17:10:34

14VIEWS
1SHARES

Sukses Tekuni Profesi, Deretan Idol K-Pop Ini Dirikan Agensi Sendiri!

hypo.id – Kepopuleran seorang artis di industri hiburan memang tak lepas dari peran agensi yang menaungi mereka. For your information, sebuah agensi berperan dalam menemukan bakat, melatih, memilihkan project, menentukan konsep, hingga menentukan waktu debut bagi para artisnya. 

 

Gak jarang, setelah menekuni industri hiburan selama bertahun-tahun, sang artis berinisiatif untuk membangun agensi miliknya sendiri. Kali ini, HYPO mau bahas beberapa Idol K-Pop yang akhirnya mendirikan agensi, ada siapa aja ya kira-kira?

 

  1. Jennie (BLACKPINK)

Salah satu personil dari girl group BLACKPINK, Jennie, bagiin foto pemotretan sekaligus memperkenalkan agensi miliknya yang bernama ‘Odd Atelier’. Agensi tersebut didirikan Jennie sejak November 2023 lalu, namun baru diungkap ke publik pada 24 Desember 2023. Jennie juga memperkenalkan ‘Odd Atelier’ sebagai ruang untuk menciptakan hal-hal baru yang menarik perhatian dengan cara yang berbeda. Kini, aktivitas solo Jennie akan dikelola oleh Odd Atelier, sementara aktivitasnya bersama BLACKPINK akan tetap dikelola oleh YG Entertainment.

 

 

  1. Doh Kyung-soo a.k.a D.O. (EXO)

Setelah mengakhiri kontrak eksklusif bersama SM Entertainment pada November 2023, Doh Kyung-soo atau yang lebih dikenal sebagai D.O. EXO dirikan agensi baru bersama manajernya, Nam Kyung-soo. Agensi yang bernama Soo-Soo Company itu akan mengelola segala aktivitas solo Doh Kyungsoo di luar aktivitas sang artis bersama grup EXO. Kabarnya, Doh Kyungsoo juga bakal merilis album solo terbarunya di bawah naungan Soo-soo Company pada bulan Mei mendatang.

 

 

  1. Baekhyun (EXO)

Personil EXO lainnya yang mendirikan agensinya sendiri adalah Baekhyun. Agensi bernama 'I&B100' itu diketahui resmi didirikan sejak 23 Juni 2023. Dalam siaran LIVE di akun Instagram pribadinya pada tanggal 8 Agustus 2023, Baekhyun bilang kalau ia memang sudah berencana untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dua rekannya dari unit EXO-CBX, Chen dan Xiumin, juga dikonfirmasi telah bergabung di agensi baru Baekhyun. Kini aktivitas Chen, Baekhyun, dan Xiumin akan dikelola oleh 'I&B100'. Sementara aktivitas mereka bersama EXO akan tetap dikelola oleh SM Entertainment.

 

 

  1. Sunggyu (Infinite)

Boy group Infinite pertama kali debut dengan 7 orang anggota dibawah naungan Woollim Entertainment di tahun 2010. Kemudian di tahun 2017, salah satu personilnya, Hoya, resmi keluar dari grup. Pada 8 Mei 2023, menjelang anniversary ke-13, Infinite mengumumkan kalau mereka bakal comeback dalam naungan agensi baru yaitu 'Infinite Company'. Didirikan pada 19 Januari 2023, agensi yang didirikan oleh sang leader, Kim Sunggyu, ini memang dibuat khusus untuk mengelola segala aktivitas dari boy group Infinite setelah tidak lagi memperpanjang kontraknya dengan Woollim Entertainment. Fun fact-nya, CEO Woollim Entertainment, Lee Joong Yup, memberikan seluruh hak merek dagang atas nama Infinite, maupun fandom mereka yang bernama ‘Inspirit’ diberikan secara cuma-cuma sebagai hadiah ulang tahun untuk Kim Sunggyu. 

 

  1. Jay Park

Setelah umumkan pengunduran dirinya dari posisi CEO AOMG dan H1GHER MUSIC, Jay Park, penyanyi sekaligus rapper yang pernah menjadi bagian dari grup 2PM di awal karirnya ini resmi dirikan agensi sendiri dengan nama MORE VISION. Agensi yang didirikan sejak Maret 2022 ini menaungi beberapa artis mulai dari Jay Park, Jessi, Chung-Ha, koreografer Honey J, dan dance group Holy Bang serta MVP (More Vision Project) yang juga dibentuk oleh Jay Park.

 

 

  1. Donghae & Eunhyuk (Super Junior)

Setelah resmi meninggalkan SM Entertainment pada bulan Juli 2023, dua personil Super Junior, Donghae dan Eunhyuk, mendirikan agensi baru mereka dengan nama ‘ODE Entertainment’. Kedua member Super Junior ini menduduki posisi co-CEO di perusahaan yang mereka dirikan bersama. Mereka secara resmi mengumumkan kabar tersebut pada 1 September 2023. Kini, Donghae dan Eunhyuk pun siap menjalani karir mereka sebagai solois maupun duo bersama 'ODE Entertainment'. Di sisi lain, aktivitas mereka sebagai anggota Super Junior masih dikelola oleh SM Entertainment.

 


 

Selain beberapa nama di atas, ada pula idol K-Pop lain yang memutuskan buat mendirikan agensi sendiri untuk kegiatan solo mereka. Kalo kamu seorang idol, mau join agensi yang mana nih?