SEA GAMES 2021: Indonesia Pecahkan Rekor, Ini Daftar Penyumbang Emas

By ADMIN May 24, 2022 7:14:47 PM

20VIEWS
0SHARES

SEA GAMES 2021: Indonesia Pecahkan Rekor, Ini Daftar Penyumbang Emas

hypo.id - Perhelatan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam berakhir di hari Senin, 23 Mei 2022.  Banyak sejarah baru terukir melalui beberapa cabang olah raga & Indonesia berhasil menempati posisi ke-3, setelah SEA Games sebelumnya di Filipina menempati posisi ke-4.

 

 241 Medali berhasil dibawa pulang Indonesia dengan perolehan sebagai berikut, 69 Emas, 91 Perak dan 81 Perunggu.  Perolehan Emas didapat melalui cabang olah raga  Menembak, Dayung, Panahan, Pencak Silat, Kickboxing, Wushu, Senam, Catur, Renang, Esport, Bowling, Atletik, Karate, Taekwondo, Judo, Sepaktakraw, Balap Sepeda, Kano, Angkat Besi, Tenis, Voli, Vovinam, Finswimming, Badminton, Tinju dan Basket.

 

Usaha yang maksimal dari para atlet pun mengharumkan nama bangsa bahkan salah satunya berhasil pecahkan rekor dunia.  Berikut beberapa rekor yang diraih Indonesia.

 

1.  Angkat Besi

 Rahmat Erwin dari cabang olah raga Angkat Besi kelas 73kg putra berhasil pecahkan rekor pribadi, yaitu dengan perolehan 155kg snatch dan 190kg clean and jerk. 

2. Basket Putra

Timnas Basket Putra untuk pertamakalinya berhasil menyabet medali emas sejak keiikutsertaannya pada 1977.  Menariknya, dengan menangnya Indonesia atas Filipina, Timnas Basket Putra pun mematahkan kemenangan Filipina sebanyak 13 kali berturut-turut.

3. Renang

Selain meraih medali emas pada 100 meter gaya punggung putri, Flairene Candrea (17th) juga memecahkan rekor nasional dengan catatan waktu 1 menit 3,36 detik, yang secara langsung menjadi yang terdepan dan mengalahkan Nurul Fajar yang memiliki rekor 1 menit 3,47 detik.

4.  Menembak dan Mendayung

Menembak dan Mendayung berhasil memnyumbangkan emas terbanyak yaitu masing-masing menyumbangkan 8 emas.  Jumlah ini melampaui dari yang ditargetkan yaitu  enam emas.