7 Mainan Masa Kecil yang Bikin Nostalgia, Masih Ada di Sekitarmu Gak?

2023-12-13 14:54:45

24VIEWS
2SHARES

7 Mainan Masa Kecil yang Bikin Nostalgia, Masih Ada di Sekitarmu Gak?

hypo.id - Beberapa memori masa kecil pastinya melekat di ingatan sebagian orang. Apalagi masa-masa dimana kita melewatinya dengan berbagai permainan jadul sebelum akhirnya kini tergantikan gadget.

Apa aja tuh contohnya?

  1. Bekel

Bekel adalah permainan anak-anak yang biasanya dimainkan minimal dua orang anak. Bekel dimainkan dengan satu bola (seukuran bola pingpong) dan benda kecil yang disebut biji bekel. Biji bekel biasanya terbuat dari kuningan maupun plastik. Dalam sejarahnya, bekel menerima pengaruh dari budaya Belanda dengan nama bikkelspel atau bikkelen.

 

 

  1. Tamagotchi

Siapa yang masih ingat kalau udah punya tamagotchi, pasti dibilang keren? Ya, tamagotchi merupakan permainan konsol dari perusahaan Jepang, Bandai. Tamagotchi adalah permainan di mana para pemain memelihara hewan dalam bentuk digital. Para pemain akan memberi makan, mengajak bermain, memandikan, hingga menidurkan si hewan peliharaan digital.

 

 

  1. Gangsing / Gasing

Gangsing (disebut Gasing di beberapa tempat) adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan menjadi salah satu permainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi. Anak-anak zaman 90-an pasti ingat dengan permainan gangsing, terlebih ketika muncul anime Beyblade yang membuat permainan gangsing semakin digemari anak-anak Indonesia. 

 

 

  1. Balon Tiup Sedotan

Balon tiup sedotan menjadi salah satu permainan tradisional anak-anak yang menjadi kenangan paling diingat. Balon tiup sedotan ini biasanya dijual di warung-warung maupun toko kelontong. Mainan tersebut terdiri dari sedotan kecil dan balon yang berbentuk odol kecil. 

 

 

  1. Boneka Kertas

Bagi anak perempuan yang lahir tahun 90-an, pasti ingat dengan permainan boneka kertas atau boneka bongkar pasang. Boneka kertas adalah figur yang dibuat dari kertas di mana aksesoris dan pakaiannya terpisah. Boneka kertas bisa dipasang berulang kali ke boneka. Dengan harga murah, banyak anak perempuan biasanya membeli dan mengoleksi permainan boneka kertas ini.

 

 

  1. Kapal Tek Tek

Kapal tek tek atau kapal otok otok adalah mainan tradisional yang menerapkan prinsip fisika untuk menggerakkannya. Mainan khas yang dijual di beberapa acara ini dinamakan tek tek atau otok otok karena bunyinya. Kapal tek tek atau kapal otok otok terbuat dari lapisan seng tipis yang dicat warna-warni dengan cerobong kecil di bagian depan atas dan menggunakan minyak goreng sebagai bahan bakar.

 

 

  1. Pencetan Air HP

Mainan pencetan air hp ini merupakan permainan tradisional yang membuat pemain harus memasukkan dua lingkaran ke dalam tiang. Pada permainan ini, para pemain hanya perlu memencet tombol yang menggerakan air agar lingkaran kecil itu masuk dalam tiang.