Acara Awards Besar Korea Selatan Serentak Diadain di Beda-Beda Negara Termasuk Indonesia!

2023-12-19 18:13:50

26VIEWS
1SHARES

Acara Awards Besar Korea Selatan Serentak Diadain di Beda-Beda Negara Termasuk Indonesia!

hypo.id - Pengujung dan awal tahun selalu dibanjiri acara-acara penghargaan, atau awards show. Tak terkecuali dengan industri hiburan Korea Selatan, dimana mereka memiliki acara penghargaan besar bagi para pelaku seni yang diadakan setiap tahunnya.

 

Namun, ada yang berbeda di penghujung tahun 2023 dan awal 2024 kali ini. Beberapa acara penghargaan besar Korea Selatan diadakan di luar negara mereka. Ada apa aja sih?

 

  1. 2023 MAMA Awards

MAMA Awards (sebelumnya dikenal sebagai Mnet Asian Music Awards), adalah penghargaan musik besar yang dipersembahkan oleh perusahaan hiburan CJ E&M yang diadakan setiap tahun. Penghargaan ini pertama kali diadakan di tahun 1999. Tidak pernah absen diadakan setiap tahunnya selama 24 tahun, MAMA Awards memang beberapa kali diadakan di luar Korea Selatan, di antaranya Macau, Singapore, Hong Kong, Vietnam, dan Jepang. Di tahun 2023, MAMA Awards pun kembali digelar di Jepang pada 28 dan 29 November, serta menghadirkan Jeon Somi dan Park Bo-gum sebagai host.

 

 

  1. 2023 Asia Artist Awards

Asia Artist Awards (AAA) merupakan acara penghargaan yang diorganisir oleh Money Today (koran berbasis bisnis di Korea Selatan) beserta brand media global, StarNews dan MTN. Berbeda dengan MAMA Awards yang berfokus pada bidang musik, AAA berikan penghargaan kepada para pelaku seni Korea Selatan baik di bidang televisi Asia, film, maupun musik. AAA pertama kali diadakan 7 tahun lalu, tepatnya pada 16 November 2016. Tergolong baru, namun AAA juga sudah pernah diadakan di negara lain, di antaranya Vietnam (2019) dan Jepang (2022). Tahun ini, AAA digelar di Filipina pada 14 Desember 2023, dengan Won-young (IVE), Kang Daniel, dan Han-bin (ZEROBASEONE) sebagai host.

 

 

  1. The 33rd Seoul Music Awards

Seoul Music Awards (SMA) adalah acara penghargaan musik besar di Korea Selatan yang dipersembahkan oleh koran Sports Seoul. Pemenang-pemenang dari acara penghargaan ini ditentukan dari kombinasi beberapa kriteria, di antaranya penjualan lagu, voting, serta pendapat juri. Pertama kali diadakan pada tahun 1990, SMA belum pernah mengambil lokasi di luar Korea Selatan sebagai tempat acara penghargaannya. Namun, pada acaranya yang ke-33 kali ini, Seoul Music Awards akan digelar di  Bangkok, Thailand, pada 2 Januari 2024. Pembawa acara pada penghargaan ini pun terdiri dari Lee Seung-gi, Tiffany Young, BamBam dan Youngjae.

 

 

  1. The 38th Golden Disc Awards

Acara penghargaan tahunan yang satu ini juga berfokus pada bidang musik dengan tujuan memberi penghormatan pada pencapaian-pencapaian di industri musik lokal Korea Selatan. Golden Disc Awards (GDA) sendiri pertama kali diadakan pada tahun 1986. Dan dalam 37 tahun, GDA telah beberapa kali dituan rumahi negara lain, seperti Malaysia, China, dan Bangkok. Pada acara penghargaan GDA yang ke-38, Indonesia pun terpilih menjadi tuan rumahnya. Diadakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, The 38th Golden Disc Awards akan dilangsungkan pada tanggal 6 Januari 2024. Sung Si-kyung dan Cha Eun-woo pun akan hadir sebagai host.

 

 

Acara-acara penghargaan ini pastinya bertabur bintang-bintang Korea Selatan, baik dari bidang musik, televisi maupun film. Dan, tentunya untuk menjadi bagian besar dari sebuah acara penghargaan bergengsi di Korea Selatan merupakan satu hal yang begitu berkesan dan membanggakan bagi penggemar di tanah air nantinya! Acara penghargaan apa lagi yang kamu harapkan bisa diadakan di Indonesia?