Bikin Pangling! Transformasi Besar-Besaran Artis Demi Karakter di Film (dari Luna Maya sampai Vino G Bastian)

2023-07-27 18:17:15

21VIEWS
1SHARES

Bikin Pangling! Transformasi Besar-Besaran Artis Demi Karakter di Film (dari Luna Maya sampai Vino G Bastian)

hypo.id – Proses make up adalah salah satu poin paling penting dalam menampilkan sebuah karakter dalam film. Namun, make up tak harus selalu membuat wajah menjadi cantik, ada beberapa teknik yang justru membuat wajah sang artis menjadi aneh atau menjadi seperti karakter yang sedang diperankan. 

 

Teknik tersebut dinamakan Prosthetic Make Up, yaitu teknik mengaplikasikan benda berbahan fleksibel ke wajah atau tubuh seseorang untuk menunjang penampilan mereka dan bersifat sementara, biasanya digunakan dalam pembuatan film atau teater. 

 

Prosthetic Make Up dipakai untuk mengubah aktor dan aktris menjadi karakter dengan kriteria tertentu, misalkan cedera atau mengalami penuaan. Teknik prosthetic pun sudah tidak asing lagi di dunia perfilman Indonesia, sebab beberapa artis pernah menjalani proses ini ketika memerankan karakternya dalam film. Ini dia deretan artis yang rela duduk berjam-jam untuk menjalani proses Prosthetic Make Up. Yuk simak!

 

  1. Luna Maya – Suzanna Malam Jumat Kliwon

Dipilih untuk memerankan karakter ikon film horor Indonesia, Suzanna, Luna Maya rela habiskan waktu 4 jam setiap hari untuk make up selama shooting di film ‘Suzanna: Malam Jumat Kliwon’. Luna rela menjalani proses prosthetic yang panjang selama 54 hari. Hasilnya gak tanggung-tanggung, Luna langsung menjelma jadi Suzanna.

 

  1. Syifa Hadju – 200 Pounds Beauty

Dalam remake film 200 Pounds Beauty yang diadaptasi dari film Korea dengan judul yang sama. Dalam film ini, Syifa Hadju memerankan karakter utamanya yaitu Juwita, seorang gadis bersuara merdu yang insecure karena berat badannya. Saking totalitasnya, Syifa Hadju pun berhasil menampilkan sosok yang sangat berbeda dengan dirinya. Ia rela mengubah penampilannya dari kurus menjadi super gemuk.

 

  1. Vino G Bastian – Buya Hamka

Aktor tampan Vino G Bastian, terpilih memerankan tokoh Buya Hamka di film biografi dari Buya Hamka. Film ini disutradarai oleh Fajar Bustomi yang dirilis di bawah naungan Falcon Pictures. Untuk proses transformasi menjadi Buya Hamka, Vino ditangani oleh 14 spesialis make up effects and FX prosthetics asal Bali. Proses pembuatan bahan prostetiknya sendiri memakan waktu hingga 3 bulan.

 

  1. Reza Rahadian – Habibie dan Ainun 3

Sekuel dari film Habibie dan Ainun yang disutradarai Hanung Bramantyo ini masih mendapuk Reza Rahadian sebagai Eyang Habibie muda dan kala sudah berumur tua. Untuk menjadi Eyang Habibie di masa tua, Reza harus memakai make up prosthetic yang membutuhkan waktu berjam-jam sekali make up. Reza pun ditangani langsung oleh Orlando Bassi, seorang spesialis makeup effects, yang membuat wajah Reza benar-benar mirip dengan Eyang Habibie.


 

Perjuangan seorang aktor untuk memerankan tokoh dalam film ternyata tidak mudah. Apa yang kita lihat selama menonton film saat ini adalah hasil akhir dari proses panjang yang mereka lalui saat shooting. Selain harus mendalami sifat dan karakter dari tokoh yang diperankan, mereka juga harus menjalani proses make up untuk semakin menyempurnakan penampilannya. Dari beberapa aktor di atas, mana yang menjadi favoritmu?