Cianjur Masih dalam Kondisi Waspada Bencana Susulan

By ADMIN Nov 23, 2022 5:02:09 PM

9VIEWS
1SHARES

Cianjur Masih dalam Kondisi Waspada Bencana Susulan

hypo.id - Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 melanda Cianjur (21/11). Setidaknya 12 kecamatan terdampak akibat bencana alam tersebut.

 

Laporan dari BPDB Cianjur per 22 November 2022 sore hari mencatat 268 orang meninggal dunia, di antaranya 151 orang masih dalam pencarian, sedangkan 1.083 orang luka-luka dan 58.362 mengungsi.

 

Tak hanya korban jiwa, gempa bumi di Cianjur juga sebabkan kerugian material yang luar biasa. Lebih dari 22.000 bangunan yang termasuk rumah dan fasilitas pendidikan rusak. Pendataan pun masih berlanjut meski angka-angka yang tercatat sudah tergolong sangat tinggi.

 

Warga Cianjur pun masih terus dibuat siaga. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Cianjur agar tetap waspada akan bencana lanjutan berupa tanah longsor dan banjir bandang usai gempa kemarin lusa.

 

Himbauan ini khususnya ditujukan kepada mereka yang tinggal di daerah lereng-lereng perbukitan dan di lembah atau bantaran sungai.

 

"Lereng-lereng yang rapuh ini ditambah hujan deras dapat memicu terjadinya longsor dan banjir bandang dengan membawa material runtuhan lereng. Jadi masyarakat dan pemerintah setempat juga perlu mewaspadai adanya kolateral hazard atau bahaya ikutan usai gempa kemarin," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, yang dikutip dari akun @diskominfocianjur dan @pemkabcjr.

 

Selain lokasi-lokasi berpotensi bahaya tersebut, Dwikorita juga menghimbau agar masyarakat menghindari masuk ke bangunan yang retak atau rusak karena dikhawatirkan sudah tidak kuat menopang dan bisa saja ambruk sewaktu-waktu.

 

Menanggapi bencana alam ini, warga dari kota-kota lain atau mereka yang tak terdampak pun berbondong-bondong kerahkan bantuan, mulai dari sumbangan hingga menjadi relawan.

 

Semoga lekas bangkit kembali, Cianjur!

MOST VIEWED NEWS

By ADMIN 26 March 2018

Ritual Khusus Afgan Menjiwai Lagu

By ADMIN 26 March 2018

Resep Awet Muda Armand Maulana

RECOMMENDED QUIZ