Deretan Artis Ini Ternyata Dulunya Seorang Atlet, Ada dari Cabor Pencak Silat Hingga Ice Hockey

2023-06-08 17:53:58

40VIEWS
1SHARES

Deretan Artis Ini Ternyata Dulunya Seorang Atlet, Ada dari Cabor Pencak Silat Hingga Ice Hockey

hypo.id – Berprestasi adalah satu kata yang menggambarkan para pesohor ini. Selain menjadi publik figur, ternyata beberapa artis ini dulu merupakan atlet yang cukup mumpuni dalam bidang olahraga. Ada yang mengawali karir sebagai atlet sebelum merambah ke dunia hiburan, namun ada pula yang menjadikan olahraga sebagai hobi untuk pengembangan diri ketika masih remaja. Yang jelas, artis-artis ini mampu mencetak prestasi dalam bidang olahraga yang mereka tekuni.

 

Inilah beberapa artis yang pernah menjalani karir sebagai atlet:

 

  1. Joe Taslim

Dikenal sebagai aktor papan atas yang kerap membintangi film action, rupanya Joe Taslim juga seorang seniman bela diri. Sejak kecil, Joe sudah belajar ilmu bela diri dan berhasil meraih medali perak cabang olahraga Judo pada ajang SEA Games 2007 Thailand. 

Setelah itu, Joe Taslim semakin dikenal luas berkat kepiawaiannya dalam seni bela diri dan akting. Ia bahkan pernah membintangi beberapa film produksi Hollywood, salah satunya ‘Mortal Kombat’ (2021). 

 

  1. Aghniny Haque

Tampil menawan dalam perannya sebagai Sarah dalam film ‘Mencuri Raden Saleh’, Aghniny Haque terlihat gak kesulitan melakukan beberapa adegan aksi yang cukup berbahaya. Ternyata, Aghniny memang punya latar belakang ilmu bela diri yang gak boleh dianggap remeh. Sebelum sukses menjadi di layar kaca, rupanya Aghniny adalah atlet taekwondo yang pernah menjadi bagian dari timnas Taekwondo Indonesia sejak 2011 hingga 2016.

Gak main-main, Aghniny juga pernah menjadi bagian dari Tim Nasional Taekwondo yang berlaga dalam ajang SEA Games 2013 di Myanmar dan sukses meraih medali perunggu. Sempat berada di peringkat 6 dunia, kiprah Aghniny dalam dunia bela diri harus kandas, setelah tampil dalam SEA Games di Singapura 2 tahun setelahnya. Aghniny terpaksa menepi karena mengalami cedera lutut. Namun siapa sangka, cedera ini yang membawanya terjun ke dunia hiburan lewat film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 (2018).

 

  1. Hannah Al Rashid

Sebelum hijrah ke Indonesia, Hannah Al Rashid pernah menjadi atlet pencak silat saat masih tinggal di Inggris. Kecintaan Hannah terhadap olahraga ini bukan tanpa alasan, sang ayah Aidinal Hamzah Al Rashid, adalah Bapak Pencak Silat untuk Inggris dan Eropa. Ia pun telah diperkenalkan dengan olahraga tersebut sejak kecil. 

Kala itu, ia, kakak, dan ayahnya memang tergabung di dalam federasi pencak silat di Inggris. Hannah pertama kali mengikuti kejuaraan World Championship di Penang, Malaysia, pada tahun 2002. Dalam ajang tersebut, dia ikut serta dalam kategori seni regu. 

 

Bagi Hannah, pencak silat adalah olahraga yang memiliki nilai budaya Indonesia yang sangat tinggi. Namun menjadi atlet pencak silat di Eropa rupanya tak semudah menjadi atlet di negeri sendiri sebab seluruh biaya yang dikeluarkan berasal dari dana mandiri. 

 

Hannah hijrah ke Indonesia untuk bekerja di United Nation Development Program (UNDP). Namun, ternyata karir Hannah malah membawanya menjadi seorang public figure yang sukses.

 

  1. Iko Uwais

Aktor yang membintangi film Hollywood ‘The Expendables 4’ ini dikenal sebagai aktor film laga yang pandai mengolah tubuh dan melakukan adegan bela diri. Rupanya kemampuan itu ia dapatkan sehubungan dengan latar belakangnya sebagai atlet pencak silat.

Seperti Hannah Al Rashid, Iko juga mengawali karirnya sebagai seorang atlet pencak silat. Sejak kecil Iko tergabung di dalam perguruan milik pamannya, yaitu perguruan pencak silat Tiga Berantai. Tahun 2003, Iko sempat meraih juara 3 turnamen pencak silat tingkat DKI Jakarta. Ia juga berhasil menjadi pesilat terbaik dalam kategori demonstrasi di Kejuaraan Silat Nasional. Tak hanya di dalam negeri, Iko juga berlaga ke beberapa negara seperti Laos, Inggris, Rusia, hingga Perancis.

 

Di tahun 2007 bakat alaminya kemudian ditemukan oleh sineas Gareth Evans saat membuat proyek film dokumenter tentang pencak silat di Indonesia. Gareth tertarik buat menjadikan Iko sebagai pemeran utama dalam film ‘Merantau’ di tahun 2009. Popularitas Iko meledak ketika ia membintangi film ‘The Raid’ yang juga menaikkan nama aktor laga lokal lain seperti Joe Taslim dan Yayan Ruhian yang semuanya sukses tampil dalam beberapa proyek garapan Hollywood.

 

  1. Ariel NOAH

Rupanya dunia musik bukanlah bidang pertama yang digeluti oleh musisi yang menjadi pentolan band NOAH ini. Siapa sangka, Ariel remaja sempat menjadi seorang atlet. Olahraga yang digeluti oleh Ariel juga bukan cabang olahraga yang umum. Pelantun ‘Menghapus Jejakmu’ ini dulunya adalah punggawa tim Ice Hockey. Ia bahkan pernah menyabet medali emas saat menjadi perwakilan Jawa Barat dalam ajang Pekan Olahraga Nasional pada tahun 1996.

Memang, Ice Hockey bukanlah sebuah karir yang mengantarkan Ariel memperoleh kesuksesan, karena kelak suara dan liriknya lah yang mampu membius jutaan penggemar musik di Indonesia. Kini, Ariel hanya menjadikan olahraga tersebut sebagai hobi saja di tengah kesibukannya sebagai seorang musisi.

 

  1. Dikta

Dikenal sebagai seorang aktor dan penyanyi berwajah tampan, rupanya Dikta memiliki bakat tersembunyi lainnya. Penyanyi berlesung pipit ini ternyata memang pernah menekuni olahraga tenis. Dikta mengaku jika dirinya telah berlatih olahraga tenis sejak duduk di bangku SD hingga SMA. Ia biasa dilatih oleh sang ayah yang juga menekuni bidang olahraga serupa. Meski memiliki love-hate relationship dengan ayahnya, Dikta mengaku bahwa sang ayah selalu menemaninya saat bertanding. 

Nah, sekarang udah gak heran lagi kan melihat vokalis Yovie and Nuno ini begitu lincah bermain di lapangan? 

 

  1. Prisia Nasution

Terkenal sebagai aktris pemeran wanita yang berbakat, rupanya aktris sekaligus model Prisia Nasution pernah menjadi atlet bela diri. Prisia menekuni bela diri pencak silat, sama seperti Iko Uwais dan Hannah Al Rashid. Sebelum terjun ke dunia hiburan, Prisia Nasution adalah seorang atlet pencak silat sejak dirinya masih berada di bangku SMP. 

Aktris yang pernah menyabet Piala Citra ini bahkan pernah bergabung dengan kamp pelatihan nasional untuk seni bela diri pencak silat. Ia pun aktif mengikuti kompetisi nasional serta Pekan Olahraga Daerah (Porda). Terakhir kali dirinya mengikuti Porda pada tahun 2007. 

 

Namun sayangnya, Prisia tidak meneruskan karirnya di bidang tersebut. Setelah itu, dirinya lebih sering menggunakan bakat silatnya demi kepentingan film.

 

Definisi multi-talenta yang sesungguhnya, deretan artis di atas berhasil buktikan bahwa berpindah bidang bukanlah hal yang mustahil. Beberapa diantaranya bahkan masih memanfaatkan bakat mereka dalam dunia olahraga sebagai penunjang karirnya di dunia akting. Keren banget ya!