Di Momen-Momen Tertentu, Deretan Lagu Ini Auto Populer Lagi. Jadi Passive Income Bagi Para Musisinya?

2023-12-15 14:59:46

12VIEWS
1SHARES

Di Momen-Momen Tertentu, Deretan Lagu Ini Auto Populer Lagi. Jadi Passive Income Bagi Para Musisinya?

hypo.id – Siapa di sini yang hampir setiap hari dengerin musik? Tanpa kita sadari rutinitas sederhana ini ternyata jadi salah satu sumber passive income bagi para musisi yang menyanyikan lagu tersebut. 

 

Passive income atau penghasilan pasif adalah pendapatan yang diperoleh seseorang tanpa harus terlibat secara aktif, misalnya menyewakan properti atau menjalankan bisnis yang nggak memerlukan keterlibatan aktif. Namun tentunya hal itu didapatkan dari kerja keras dan proses yang panjang. Jadi, passive income gak didapatkan dengan sekejap mata, ya.

 

Salah satu contoh passive income dari dunia musik adalah royalti yang didapatkan ketika sebuah lagu didengarkan melalui platform streaming musik maupun video. Semakin sering didengarkan, maka semakin besar pula passive income yang diperoleh. 

 

Yuk intip deretan musisi yang mendapatkan passive income dari lagu mereka yang selalu naik daun di momen-momen tertentu.

 

  1. Mariah Carey - All I Want For Christmas Is You (1994)

Lagu ‘All I Want For Christmas Is You’ dari Mariah Carey kembali tempati peringkat atas tangga lagu dari Spotify. Sudah dirilis sejak 29 tahun lalu, lagu ini selalu naik daun di momen-momen menjelang hari Natal. 

 

  1. Opick - Ramadhan Tiba (2008)

Dirilis sejak 15 tahun silam, lagu ‘Ramadhan Tiba’ dari Opick selalu menjadi ciri khas tersendiri yang menandai datangnya bulan Ramadhan. Baru baca judul lagunya aja, langsung terngiang-ngiang liriknya. 

 

  1. Maher Zain - Sepanjang Hidup (2009)

Gak cuma menyanyikan lagu religi Islam dalam bahasa Inggris, Maher Zain juga bawakan lagu-lagunya dengan beberapa bahasa lain seperti Bahasa Arab, Melayu, bahkan Bahasa Indonesia. Salah satu lagu Maher Zain yang populer di Indonesia setiap bulan Ramadhan adalah ‘Sepanjang Hidup’. 

 

  1. Queen - We Are the Champions (1977)

Lagu ‘We Are the Champions’ milik band legendaris, Queen, sudah tak asing lagi di telinga khususnya dalam acara-acara olahraga. Seringnya, lagu ini dimainkan di momen-momen kemenangan besar bagi sebuah tim dari suatu cabang olahraga.

 

  1. Cokelat - Bendera (2002)

Gak dipungkiri, momen 17 Agustusan rasanya nggak lengkap tanpa lagu ‘Bendera’ dari Cokelat. Eits, gak cuma pas 17 Agustus aja, lagu ini juga kerap mengudara di momen-momen kemenangan para atlet Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa. 

 

  1. Jamrud - Selamat Ulang Tahun (2002)

Seperti judulnya, lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ memang lekat dengan momen bertambahnya usia. Lagu ini jadi salah satu lagu Jamrud yang paling sering didengarkan di Spotify.

 

Meski sudah dirilis dari bertahun-tahun silam, lagu-lagu tersebut masih terus eksis di momen-momen tertentu dan menjadi sumber passive income bagi para musisi yang menyanyikannya. Di antara judul lagu di atas, mana nih yang paling familiar di telinga kamu?