Gak Canggung Sepanggung, Ini Deretan Band yang Tetap Akur Sama Mantan Personil

2023-07-28 16:47:03

43VIEWS
1SHARES

Gak Canggung Sepanggung, Ini Deretan Band yang Tetap Akur Sama Mantan Personil

hypo.id – Bubarnya sebuah band mungkin sering kali identik dengan sebuah konflik. Tak jarang, konflik juga bikin pihak yang mundur dari band langsung mengakhiri hubungan. Dulunya akur, eh sekarang malah jadi musuhan.

 

Namun, gak semua perpisahan memunculkan permusuhan kok. Ada pula beberapa band yang masih akur dengan para mantan personilnya. Ada yang masih kompak tampil bareng di panggung, ada pula yang tampil untuk bernostalgia.

 

Band apa aja yang masih menjalin hubungan baik dengan para mantan personilnya?

 

  1. Sheila On 7

Pada tahun 2006, nama Sheila On 7 memang lagi berada di puncak kejayaannya. Namun, di saat karir mereka sedang menjulang, band asal Jogjakarta ini mesti kehilangan salah satu gitarisnya, Sakti Ari Seno. Sakti memutuskan hengkang dari Sheila On 7 untuk mendalami agama. Hal ini memang membuat para personil lainnya terpukul. Bahkan, sampai saat ini Sheila On 7 masih setia dengan keputusan bertahan pada satu gitaris saja. Meskipun begitu, setelah 17 tahun terpisah, Sakti dan Sheila On 7 akhirnya manggung bareng lagi di sebuah konser di kota asal mereka, Jogjakarta. Penampilan Sakti yang kembali bermain gitar bersama ex bandmates-nya pun disambut haru oleh para fans.

 

  1. Drive

Band ini memang bisa dibilang salah satu band spesialis soundtrack sinetron, karena lagu-lagu hits mereka banyak dijadikan lagu pembuka sinetron yang populer di tahun 2000-an. Sayangnya, Drive harus berpisah dengan sang vokalis, Anji, pada tahun 2011. Setelah itu, Drive dan Anji berjalan di jalur mereka masing-masing, di mana keduanya sama-sama menemukan kesuksesannya sendiri. Di tahun 2019, Anji kembali tampil bersama Drive membawakan lagu-lagu yang membesarkan nama mereka. Berbeda dengan Sakti, penampilan Anji dan Drive ini adalah sebuah proyek yang sudah direncanakan, bukan penampilan reuni yang mendadak. Anji X Drive juga sempat tampil lagi di awal tahun 2023.

 

  1. Dewa 19

Sudah bukan rahasia lagi jika Ari Lasso dulu pernah menjadi bagian dari Dewa 19 sebelum memulai karir solonya. Saat posisi vokalis digantikan oleh Once Mekel, Dewa 19 pun melanjutkan karir mereka di dunia musik dengan nama Dewa. Namun di tahun 2011, lagi-lagi grup band ini harus kembali kehilangan sosok vokalis. Sejak ditinggalkan Once Mekel yang memilih bersolo karier, Dewa 19 mulai menjalani formula band tanpa vokalis. Nama Muhammad Devirzha alias Virzha pun muncul sebagai salah satu vokalis pilihan Ahmad Dhani.

 

Namun, beberapa tahun terakhir nama Ari Lasso kembali disertakan sebagai vokalis Dewa. Bersama Once, Virzha, dan Ello, Ari Lasso menjadi beberapa vokalis Dewa 19. Sisi dewasa antar personil Dewa 19 akhirnya membuat mereka bisa tampil lagi dengan para mantan personilnya.

 

  1. Blink 182

Salah satu band yang paling berperan dalam perkembangan pop punk ini awalnya memiliki formasi: Tom DeLonge (vokal/gitar), Mark Hoppus (bas/vokal), dan Scott Raynor (Drum). Di tahun 1999, Scott dikeluarkan dari Blink 182 dan digantikan oleh Travis Barker. Bersama formasi inilah Blink 182 mencapai masa keemasannya. Walau begitu, mereka juga sempat berseteru yang akhirnya membuat band ini mesti bubar. Tom DeLonge membuat Angels & Airwaves, sedangkan Travis Barker dan Mark Hoppus membentuk +44. Setelah tak pernah tampil dengan formasi klasik sejak tahun 2014, Blink-182 akhirnya menyapa penggemar dengan formasi trio klasiknya, yakni Travis Barker, Tom DeLonge, dan Mark Hoppus sejak Oktober 2022.

 

  1. NOAH

Jejak awal band NOAH lahir dari sebuah band bernama Peterpan. Keluarnya Andika dan Indra dari Peterpan membuat band ini harus berganti nama. Di tahun 2012, formasi lengkap Peterpan tampil bersama di konser NOAH yang bertajuk “Welcome Home”. Walau Uki dan Reza akhirnya juga pamit dari NOAH, namun hubungan mereka masih tetap dekat. Reza bahkan sempat mengisi posisi drummer di album “Second Chance”, sedangkan para personil lain masih sering kedapatan berkumpul bersama.

 

  1. Kerispatih

Grup band pop Kerispatih punya berbagai hits yang digandrungi oleh para penikmat musik lokal. Namun, kebersamaan band ini dengan vokalis mereka, Sammy Simorangkir sudah berakhir sekitar lebih dari 15 tahun lalu. Meski telah lama berpisah hubungan antara mantan vokalis dan para personil Kerispatih ini masih baik-baik saja. Sammy pun sempat tampil satu panggung dengan Kerispatih dalam sebuah acara musik di Bali (27/04). Sammy yang tampil bersama vokalis Kerispatih sekarang, Fandy Santoso, ajak penonton bernostalgia dengan lagu-lagu hits mereka sekaligus mengobati kerinduan para fans.


 

  1. Queen

Kiprah salah satu band paling berpengaruh di dunia musik ini mesti terhenti setelah vokalis mereka, Freddie Mercury berpulang untuk selamanya di tahun 1991. Selepas kepergian Freddie, tiga rekan band-nya sempat ingin melanjutkan karir band asal Inggris tersebut. Namun, bassist mereka John Deacon memilih untuk pamit dari dunia musik setelah sangat terpukul menerima kenyataan bahwa sahabatnya telah pergi untuk selamanya. John pun memilih untuk 100% meninggalkan hingar bingar panggung hiburan dan memilih hidup yang sunyi bersama keluarganya. 

 

Dua personil Queen, Brian May dan Roger Taylor pun tetap melanjutkan legasi band tersebut dengan menggelar berbagai proyek kolaborasi dengan penyanyi lainnya. Meski telah putus hubungan dalam berkarya, namun Brian dan Roger masih berhubungan baik dengan John yang saat ini menikmati masa pensiunnya. 


Rupanya kata perpisahan gak selalu memiliki konotasi yang buruk bagi sebuah band. Terbukti dengan beberapa band di atas yang gak canggung walau harus sepanggung dengan mantan personilnya. Ada pula yang memang rutin catch up bareng demi menjaga komunikasi. Respect!