Harus Effort Buat Liburan ke Pantai, Negara Ini Nggak Punya Laut

2023-03-09 18:26:12

79VIEWS
1SHARES

Harus Effort Buat Liburan ke Pantai, Negara Ini Nggak Punya Laut

hypo.id – Liburan menjadi momen menyenangkan ditunggu tunggu, apalagi jika telah lama menantikannya di tengah penatnya rutinitas. Destinasi liburan yang paling seru adalah ke pantai, dimana kamu pasti bisa merasakan deburan ombak yang menimbulkan ketenangan.

 

Tetapi buat warga di kelima negara ini, liburan di pantai menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan karena negara mereka gak punya pantai! Kalau mereka mau liburan, mereka harus ke luar negeri dulu biar bisa ketemu pantai.

 

Wah, kok bisa ya? Negara apa sajakah yang masuk ke dalam daftar ini?

 

  1. Laos 

Berbeda dengan negara ASEAN lainnya yang semuanya memiliki pantai, Laos tidak bernasib serupa. Letaknya yang dihimpit oleh Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar membuat Laos menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki daerah perairan berupa laut. Karena tidak punya pantai, warga Laos harus keluar negeri agar bisa berwisata ke pantai.

 

  1. Bolivia

Bolivia harus kehilangan wilayah pantainya karena Perang Pasifik. Mereka kehilangan wilayah pantainya ketika kalah perang melawan Chili di tahun 1879-1883. Setiap tahunnya, warga Bolivia membuat hari peringatan bernama ‘Dia del Mar’ untuk memperingati kehilangan wilayah tersebut.

 

  1. Ethiopia

Negara terletak di Benua Afrika ini memiliki nasib yang sama dengan Bolivia. Mereka juga kehilangan wilayah pantainya saat perang tahun 1991 kepada Eritrea. Negara tersebut terpaksa menyerahkan wilayah pantainya karena kalah dalam perang yang melibatkan Ethiopia dan Eritrea di tahun 90an.

 

  1. Serbia

Negara Serbia lahir dari pecahan Yugoslavia, perpecahan ini melahirkan sebuah negara perserikatan baru bernama Serbia Montenegro. Namun pada tahun 2006, Montenegro menyatakan kemerdekaannya sehingga memaksa Serbia juga akhirnya menjadi negara yang berdiri sendiri. Serbia sama sekali tidak memiliki laut, sebab garis pantainya adalah milik Montenegro.

 

  1. San Marino

Berada di tengah wilayah Italia, San Marino jadi salah satu negara yang tidak memiliki area pantai. San Marino termasuk ke dalam negara landlocked country karena terkukung oleh daratan dan tidak memiliki laut. Meskipun begitu, San Marino memiliki pemandangan yang cantik karena terletak di atas pegunungan. 

 

Apabila kamu seorang pecinta pantai, apa yang bakal kamu lakuin kalau kamu tinggal di salah satu dari kelima negara itu?