Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Yuk Jaga Diri Kita!

2020-03-02 11:41:23

11VIEWS
0SHARES

Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia. Yuk Jaga Diri Kita!

Quizy.id – Presiden Jokowi baru saja mengumumkan bahwa terdapat 2 orang di Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Kedua orang ini dikatakan sempat melakukan kontak dengan orang Jepang dan pergi ke Malaysia sebelum akhirnya dinyatakan positif terjangkit virus yang saat ini menjadi masalah global.

Virus Corona atau yang kini disebut Covid-19, merupakan virus yang penyebarannya terbilang sangat cepat. Selain menginfeksi ratusan ribu penduduk China, terjadi lonjakan kasus infeksi virus Corona di Korea Selatan dan Italia dalam satu minggu belakang. Meskipun terdapat lonjakan yang sangat tinggi, data menunjukan bahwa 98% penderita coronavirus berhasil sembuh.

Corona virus merupakan jenis virus baru yang awalnya ditemukan di binatang hingga dapat menginfeksi manusia. Virus ini dapat menyebabkan pneumonia - infeksi yang menyerang paru-paru dan menyebabkan peradangan.

Menurut World Health Organization atau WHO,  gejala yang ditunjukan oleh penderita virus Corona adalah batuk, demam, dan kesulitan bernapas. Dalam kasus yang parah, fungsi organ juga sangat mungkin untuk berhenti berfungsi. Jika sudah terpapar oleh virus ini, konsumsi antibiotik dan obat flu tidak akan berguna. Kesembuhan penderita bergantung pada kondisi daya tahan tubuh masing-masing.

Virus Corona sendiri dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk dan bersin. Kita harus lebih hati-hati saat berada di tempat umum karena virus Corona ini dapat hidup di bendamati yang sudah terkena cairan tubuh manusia tadi. Selain itu, virus corona juga dapat ditularkan melalui udara, kontak fisik, dan cairan dari orang yang terinfeksi.

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi dari kamu dari Covid-19:

  1. Sering cuci tangan

Cuci tangan dengan air bersih dan mengalir, gunakan sabun dan bersihkan seluruh tangan sampai sela-sela jari selama 20 detik.

  1. Tutup mulut saat batuk atau bersin

Saat sedang batuk, flu dan ingin bersin, pastikan kamu selalu menutup bagian mulut dengan tissue atau lekukan sikut.

  1. Gunakan masker wajah

Masker wajah atau masker operasi yang dijual di pasaran dapat membantu mencegah penularan virus Corona melalui cairan tubuh.

  1. Cari Bantuan Medis

Jika kami mengalami demam, batuk dan/atau kesulitan bernapas, langsung hubungi dokter dan periksa diri agar dapat ditanggulangi dengan segera.

  1. Hindari Makanan Mentah

           Karena banyak kasus yang menunjukan bahwa Virus Corona bisa hidup di binatang, maka lebih baik jika kita tidak mengkonsumsi makanan mentah agar menghindari penularan melalui binatang.