Negara Dukung Penuh, Maroko Cetak Rekor di Piala Dunia 2022

By ADMIN Dec 23, 2022 11:09:25 AM

25VIEWS
1SHARES

Negara Dukung Penuh, Maroko Cetak Rekor di Piala Dunia 2022

hypo.id – Kiprah gemilang timnas Maroko di Piala Dunia 2022 bukanlah tanpa modal. Raja Maroko, Mohammed VI membuat sebuah proyek untuk memperbaiki prestasi tim olahraga negara tersebut. Walau sering lolos ke Piala Dunia, nasib Maroko tidak pernah terlalu bagus. Masuk ke babak semi-final pada ajang Piala Dunia 2022 ini adalah prestasi terbesar sehingga mencetak rekor baru bagi negara asal Benua Afrika Selatan itu. 

 

Lalu, apa saja sih upaya yang mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas timnas?
 

  1. Pengaruh Sang Raja

 

Tahun 2009, Raja Maroko membangun sebuah akademi sepakbola bernama Mohammed VI Football Academy. Akademi sepakbola ini dibangun untuk melakukan pembinaan kepada anak-anak Maroko yang bercita-cita menjadi pemain sepakbola. Tidak tanggung-tanggung, akademi sepakbola ini berhasil mencetak nama-nama yang kini menjadi tumpuan tim nasional dan bermain di liga top Eropa, seperti Youssef En-Nesyri yang bermain untuk Sevilla FC, dan Nayef Aguerd yang menjadi bagian dari West Ham United. 


 

  1. Investasi Besar

 

Untuk membangun akademi sepakbola itu, Raja Maroko rela merogoh kocek hingga 268 miliar. Akademi ini memiliki lapangan, tempat gym, serta ruang latihan berstandar internasional. Tahun 2019, seluruh fasilitasnya dipugar sesuai standar FIFA. Selain atlet laki-laki, akademi ini juga membina para atlet perempuan. Prestasinya pun tidak diragukan, timnas putri Maroko sukses di berbagai pentas dunia, termasuk menjadi finalis Piala Afrika 2021 dan maju ke Piala Dunia 2023.

  1. Memanfaatkan Diaspora

 

Banyak pemain berbakat timnas Maroko saat ini lahir dari keluarga imigran. Salah satunya, Achraf Hakimi yang lahir dan besar di Spanyol. Selain Hakimi, ada Yassine Bonou, yakni kiper timnas negara tersebut, yang lahir di Kanada. Walau lahir, besar, dan hidup di negara orang, pada akhirnya mereka tetap membela Maroko. 

  1. Liga yang Sangat Professional

 

Klub-klub asal Maroko langganan meraih prestasi di Liga Champions Afrika. Sebut saja Wydad Casablanca dan Raja Casablanca yang masing-masing telah memperoleh 6 gelar sebagai juara Afrika dalam level klub. Regulator dan pelaksana liga juga memberlakukan aturan ketat soal stadion, pembagian hak siar yang adil kepada klub, dan mendorong klub menjadi entitas bisnis yang mandiri.


Siapa nih yang ngejagoin timnas Maroko saat Piala Dunia 2022 kemarin? 

MOST VIEWED NEWS

By ADMIN 26 March 2018

Ritual Khusus Afgan Menjiwai Lagu

By ADMIN 26 March 2018

Resep Awet Muda Armand Maulana

RECOMMENDED QUIZ