Setara dengan Kecepatan Mobil, Ini Dia Ikan Tercepat di Dunia

2023-03-16 11:39:05

79VIEWS
1SHARES

Setara dengan Kecepatan Mobil, Ini Dia Ikan Tercepat di Dunia

hypo.id – Ikan merupakan anggota vertebrata poikiolotermik atau hewan berdarah dingin yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang.

 

Dengan ukuran yang bervariasi, ikan menjadi kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dan memiliki lebih dari 27.000 spesies di seluruh dunia.

 

Sebagai kelompok hewan vertebrata, ikan memiliki kemampuan berenang yang sangat cepat. Namun, siapa sangka bahwa ada jenis ikan yang memiliki kecepatan setara satu buah mobil. 

 

Ya, ikan tersebut adalah Sailfish atau yang akrab disapa ikan layaran. 

Menurut The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ikan sailfish memiliki kecepatan berenang 110 km/jam hingga 112 km/jam. 

 

Ikan sailfish sangat mudah dikenali di hampir seluruh perairan dunia dari sirip tegak di punggungnya yang mirip sebuah layar di kapal. 

 

Sailfish memiliki moncong panjang yang tajam. Moncong tersebut memudahkan sailfish untuk berenang dengan membelah perairan yang memiliki partikel lebih padat dibandingkan udara. Sailfish juga punya sirip unik yang membantunya memangsa buruannya di dalam lautan. 

Namun ternyata, sailfish bukan satu-satunya ikan tercepat di dunia. 

 

Ilmuwan lain mengatakan bahwa Black Marlin atau Marlin Hitam tercatat menjadi ikan tercepat di dunia dengan kecepatan hingga 132 km/jam. Kecepatan ini bahkan melampaui kecepatan kendaraan di jalan tol yang umumnya melesat dengan kecepatan 100 km/jam.

 

Black Marlin memiliki habitat asli di perairan Samudera Pasifik maupun Samudera Hindia. Namun ikan ini dapat ditemui di hampir seluruh perairan tropis. Ikan ini memiliki ciri-ciri yang khas yaitu punggung berwarna biru gelap, sisi bawah perak, dengan sirip kaku di punggungnya yang berwarna biru. 

 

Berbeda dengan sailfish, black marlin justru tipe ikan penyendiri yang senang berenang tanpa berkelompok. Black marlin juga menjadi salah satu yang paling banyak diburu. Selain mampu berenang dengan kecepatan tinggi, ikan ini juga dapat melompat di air setinggi 10 hingga 20 meter untuk melepaskan diri.

 

Kalau dua ikan ini balapan renang, kira-kira siapa yang akan jadi pemenangnya ya?